Berita:STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DALAM KETERBATASAN DI SDN 001 LONG KALI

Siaran Pers

ARTIKEL 

Oleh Mahmudah, S.Pd.

Guru SDN 001 Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser


SDN 001 Long Kali terletak di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. SDN 001 Long Kali Merupakan sebuah sekolah yang memiliki jumlah siswa kurang lebih 300 siswa. Dalam menghadapi pandemi yang terjadi, SDN 001 Long Kali juga menerapkan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang dilakukan di SDN 001 Long Kali hanya menggunakan platfom Whatsapp. Hal tersebut dipilih setelah melakukan koordinasi dengan orangtua siswa.

Terdapat banyak kendala yang dihadapi dalam melakukan jika memilih platfom pembelajaran virtual diantara dibeberapa lokasi tempat tinggal siswa jaringan internet tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran virtual. Seluruh siswa tidak memiliki perangkat pribadi untuk melakukan pembelajaran daring, siswa menggunakan perangkat orang tua dan perangkat tersebut ada yang dibawa bekerja oleh orang tua. Kendala lain yang dihadapi adalah ada beberapa perangkat yang dimiliki oleh orangtua yang tidak support untuk menunduh aplikasi pembelajaran virtual. Setelah mempertimbangkan banyak hal maka pilihan yang terbaik dalam pembelajaran daring di SDN 001 Long Kali yaitu melalui aplikasi Whatsapp. Dengan harapan dalam pembelajaran daring ini sekolah tidak memberatkan orangtua.

Pembelajaran daring pada awal pandemi hanya dilakukan dengan mengirimkan pembelajaran berupa foto-foto tugas di grup Whatsapp kelas. Kemudian siswa mengerjakan dan mengirim hasil tugasnya berupa foto ke nomor Whatsapp guru. Hasil yang didapatkan dari penerapan pembelajaran daring dengan strategi ini medapatkan hasil yang jauh dari harapan. Ada beberapa anak yang tidak mengirimkan tugas selama berhari-hari. Nilai siswa yang aktif dalam pembelajaran daring juga jauh di bawah KKM. Penyebab dari masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran daring di SDN 001 Long Kali adalah kurangnya minat siswa dalam belajar karena guru kurang kreatif dalam melakukan pembelajaran daring. Faktor lainnya adalah tidak pahamnya siswa pada tugas-tugas yang dikerjakan karena siswa dituntut belajar mandiri tanpa ada arahan dan bimbingan guru. Sehingga anak-anak hanya sekedar menyelesaikan tuntutan tugas yang harus dikerjakan.

Setelah melihat hasil pembelajaran daring yang telah dilakukan kurang lebih tiga bulan berjalan. Guru menyusun sebuah strategi pembelajaran daring agar dapat meningkatkan minat serta hasil pembelajaran daring di SDN 001 Long Kali. Strategi yang dilakukan yaitu dengan membuat video pembelajaran sederhana yang berisi penjelasan-penjelasan materi yang dipelajari. Terutama untuk pembelajaran matematika berisi video contoh-contoh soal matematika secara jelas dan terperinci. Lalu video tersebut dikirim ke grup Whatsapp kelas. Setelah strategi ini diterapkan dan dilakukan pengamatan dalam satu bulan. Terdapat peningkatan drastis pada minat dan hasil belajar siswa. Sekitar 90% siswa aktif mengikuti pembelajaran daring dan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa.(Mahmudah)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1170 detik dengan memori 0.95MB.