Berita:Kickoff GNPIP Kalimantan 2024, Pemkab Paser Beberkan Program Pengendalian Inflasi Pangan

Siaran Pers

SAMARINDA - Pemerintah daerah terus berupaya menjaga ketersediaan dan kestabilan harga, khususnya bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Inilah menjadi dasar pemerintah dan Bank Indonesia menyelenggarakan Kickoff Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) wilayah Kalimantan 2024.


Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Odah Etam, komplek Rumah Jabatan Gubernur Kaltim. Penyelenggaraan yang dirangkai gerakan pangan murah (GPM) mengusung tema sinergi dan inovasi mendorong penguatan pasokan, efisiensi rantai pasok untuk mendukung stabilitas harga dan ketahanan pangan Kalimantan.

Selain perwakilan dari masing-masing provinsi yang ada di Kalimantan, hadir dalam kegiatan itu pihak Pemkab Paser turut serta dalam Kickoff GNPIP regional Kalimantan yakni, Staf Ahli Bidang Ekonomi Ina Rosana  mewakili Bupati Paser.


Prihal pengendalian inflasi pangan di Kabupaten Paser, dikatakan Ina Rosana jika terdapat beberapa program yang dilakukan, salah satunya gerakan pangan murah (GPM) intens terlaksana diinisiasi Dinas Ketahanan Pangan.

"Dimana OPD terkait saling berkolaborasi dengan Perumda Prima Jaya Taka dan Bulog," kata Ina, Rabu (27/3/2024).

Ia melanjutkan, Pemkab Paser juga terus berupaya bagaimana supaya ketersediaan stok pangan tetap terjaga. Berdasarkan data 2024 ini diungkapkannya jika pasokan ketersediaan bahan pokok aman hingga Juni mendatang.