Berita:Bupati Paser Presentasi Persiapan Porprov VIII Kaltim

Siaran Pers

SAMARINDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser optimis penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Provinsi Kalimantan Timur sukses terlaksana, dengan dukungan penuh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kaltim.


Hal itu dikatakan Bupati Paser dr Fahmi Fadli selaku Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VIII Kaltim saat presentasi persiapan pelaksanaan laga itu dihadapan Wakil ketua II KONI Pusat Mayjen TNI (Purn.) Soedarmo, Ketua Umum KONI Kaltim Rusdiansyah  dan sejumlah pengurus KONI Kaltim.

Bupati Fahmi  didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Kadis Perkimtan Hulaimi, Ketua KONI Paser Katsul Wijaya, Tim Formatur yaitu Totok Sumardiono dan Yuli Rusdiansyah, serta segenap PB Porprov VIII Kaltim mengharapkan semua cabang olahraga (cabor) bisa dilaksanakan di wilayah Kabupaten Paser. Sebab, sejauh ini masih ada 8 venue cabor yang belum dimiliki Paser.


"Kami optimis pelaksanaan Porprov nanti bakal akan ringan dengan dukungan penuh Pemprov dan KONI Kaltim," kata Bupati Fahmi di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Sabtu (24/4/2024).

Lebih lanjut, Pemkab Paser melakukan renovasi venue dan pembangunan venue, pelayanan kesehatan, konsumsi, akomodasi dan transportasi, sayembara maskot, rangkaian pembukaan dan penutupan, serta selalu berkomunikasi dan berkoordinasi menerima arahan ketua dan pengurus KONI Provinsi Kaltim

"Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Paser tahun 2024, Pemkab Paser menganggarkan sebanyak Rp 57 miliar untuk pembangunan dan perbaikan venue di Kabupaten Paser," jelasnya.


Pelaksanaan Porprov VIII Kaltim diharapkan mampu menghasilkan atlet putra dan putri terbaik daerah Kaltim yang profesional. Untuk itu, Pemkab Paser, seluruh pengurus KONI Paser dan masyarakat Paser bertujuan sukses sebagai tuan rumah dan sukses prestasi.

"Dengan momen Porprov ini, akan menjadi wadah untuk memperkenalkan Kabupaten Paser yang Maju Adil Sejahtera (Paser MAS) terhadap para peserta," ujar orang nomor satu di Paser itu.

Selain itu, berkaitan dengan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya juga bisa dikatakan layak dalam pelaksanaan Porprov nanti.

Sebab, saat ini merupakan rumah sakit tipe B dengan dokter spesialis sebanyak 44 orang dan 24 dokter umum. Serta Pelayanan radiologi dan pelayanan operasi darurat berjalan selama 24 jam. 

Sedangkan perihal konsumsi, tuan rumah tidak menyiapkan konsumsi untuk para atlet, tapi panitia akan memberikan rekomendasi catering dan rumah makan yang memenuhi standar dan profesional. Panitia hanya menanggung konsumsi para wasit dan dewan juri.