Berita:Peringatan Otonomi Daerah 2024 di Surabaya, Bupati Paser Komitmen Wujudkan Ekonomi Hijau

Siaran Pers

Surabaya - Puncak peringatan hari otonomi daerah XXVIII digelar di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024). Usung tema otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan sehat.

Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli salah satu kepala daerah yang diundang dalam Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah 2024, bersama Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia. Adapun Inspektur upacara yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian.


Terkait tema Hari Otonomi Daerah ke-XVIII dikatakannya menjadi momen Pemerintah Daerah, khususnya Pemkab Paser dalam mewujudkan Indonesia berkelanjutan.

"Tema otonomi daerah tahun ini tentang ekonomi hijau dan berkelanjutan ramah lingkungan menjadi tekat kami, memperkokoh komitmen sebagai amanah membangun keberlanjutan Indonesia, ini sesuai arahan Mendagri Pak Tito Karnavian," kata  Bupati Fahmi.


Dirinya mengatakan, ekonomi hijau penting dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser. Di sisi lain, Ia menyebut telah menjadi kesungguhannya sejak menjadi orang nomor satu di Bumi daya Taka.


"Ekonomi hijau sudah menjadi komitmen Pemkab Paser dan ini sejalan dengan visi misi Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)," kata Bupati Fahmi.

Pemerintah Daerah dapat melakukan rehabilitasi sumber daya alam melalui pengembangan ekonomi hijau. Sampai saat ini Kabupaten Paser masih mengandalkan sektor pertambangan. 

Untuk diketahui, sekitar 70 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pertambangan. Sementara sisanya pertanian, perhutanan, perikanan dan perkebunan dalam arti luas.

"Selain Pemerintah Kabupaten Paser juga hingga pemerintah pusat saling bahu membahu dalam menuju ekonomi hijau dan lingkungan sehat," sebut Bupati Fahmi. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.1108 detik dengan memori 7.49MB.