Berita:Serahkan PTSL, Bupati: Sertifikat Akan Meredam Dampak Benturan di Masyarakat Jika Terjadi Sengketa

Siaran Pers


TANA PASER- Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Long Kali, Bupati Paser dr Fahmi Fadli,  Kamis (5/8/2021) secara simbolis, menyerahkan sertifikat tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diwilayah  Kecamatan Long Kali. 

Dari 40  sertifikat yang diserahkan secara simbolis, 32 sertifikat diserahkan kepada warga  kelurahan Long Kali, 7  sertifikat ke Bagian Aset dan 1  sertifikat Desa Sabakung.

Saat menyerahkan sertifikat, Bupati Fahmi didampingi Kepala BPN Jubaidi. Selain itu hadir Kadis Keuangan dan Aset Derah Abdul Kadir, Camat Long Kali Riski Noviar, Lurah Tanah Grogot M Arfah serta unsur Muspika Kecamatan Long Kali.

Bupati Fahmi mengatakan, kehadiran sertifikat kalau ada permasalah dikemudian  hari maka akan mendapat perlindungan langsung  dari BPN. 

Selain itu sebut Bupati, melalui program PTSL, selain  biaya sangat murah, dalan proses kepengurusan juga sangat cepat. 

“Dulu saya ingat sebelum adanya progran PTSL, dalam proses pembuatan sertifikat cukup lama dan juga biayanya cukup besar,” kata Bupati.

Lalu Fahmi menyebutkan, jika tanah telah memiliki sertifikat akan mudah dijadikan modal usaha karena sertifikat akan laku jika dibawa ke bank.

“Bahkan tak hanya bank, temanpun akan menolong jika kita memerlukan modal jika disodori sertifikat,” ucap Fahmi.

Masih terkait program PTSL, Bupati meminta Camat dan Kepala Desa untuk mensosialisasikannya. Karena dengan berjalannya PTSL di masyarakat, akan mengurangi komplik permasalah tanah di masyarakat. 

“Kalau sudah masalah tanah, bukan hanya perorangan, tapi bisa menimbulkan benturan besar  antar kelompok. Karena itu dengan bantuan tokoh masyarakat juga,  agar warga kita yang belum memiliki pengakuan secara resmi sebagai pemilik untuk segera membuat sertifikat karena secara langsung akan  meredam dampak benturan di masyarakat jika terjadi sengketa,” tandas Bupati.

“Ucapan   terima kasih  dan apresiasi kepada jajaran BPN  dan seluruh unsur yang mendukung sehingga dalam pelaksaaan PTSL  ini target bisa terealiasi dengan cepat, karena dengan sertifikat akan ikut menjaga kondisifitas  masyarakat,” tambah fahmi.(humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1499 detik dengan memori 0.95MB.