Berita:Optimalisasi Pendapatan Daerah, Sekda Lakukan PKS dengan DJP & DJPK

Siaran Pers


TANA PASER- Pemerintah Daerah Kabupaten Paser  termasuk salah satu daerah yang turut menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah dengan Dirtektorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Rabu (21/4).

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan serentak dengan 84 Pemerintah Daerah di Indonesia secara virtual. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengikuti Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Dalam PKS itu, Sekda Katsul Wijaya yang mewakili Bupati Paser membubuhkan paraf bersama Kepala Daerah lainnya pada sesi ke-8 dalam seremoni  penandatanganan PKS yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten.

Perjanjian kerja sama antara DJP, DJPK  dan 84 Pemerintah Daerah mempunyai tujuan di antaranya mengoptimalkan pelaksanaan pertukaran dan pemanfaatan data  dan informasi perpajakan, data perizinan serta data atau informasi lainnya yang dibutuhkan.

 Direktur Jenderal Pajak dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kerjasama ini dilakukan secara virtual semoga tidak mengurangi esensi apa yang dilakukan.

Menurutnya, Pemda perlu memperkuat perpajakan daerah sebagai salah satu sumber pendapatan diantaranya akan dilakukan pembagian ke daerah untuk pajak pribadi.

Sedangkan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan mengatakan, pks ini dalam rangka mengoptimalkan penyampaian data serta mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan wajib pajak bersama. 

Melalui kerja sama ini sebutnya,  baik Pemerintah Daerah maupun DJP dapat menerima sumber data yang penting untuk pengawasan kepatuhan pajak.

Sebaliknya, Pemerintah Daerah juga akan menerima data dari DJP untuk kepentingan pengawasan daerah. Dengan demikian optimalisasi pendapatan daerah bisa dilakukan.  

Saat melalukan penandatangan PKS, Sekda Katsul Wijaya didampingi Kepala kantor Pajak Pratama Tanah Grogot, mewakili Kadis  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, mewakili Kepala Pendapatan  Daerah, Kabag Kerjasama  dan plt  Dinas Komunikasi dan Informatika. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1482 detik dengan memori 0.94MB.