Berita:Warga Batu Kajang Minim Dokumen Kependudukan, Wabup Ajak Segera Mengurus   

Siaran Pers

TANA PASER- Wakil Bupati Paser H Kaharuddin  mengajak semua pihak untuk segera mengurus dokumen kependudukannya, baik KTP, akte kelahiran, maupun Kartu Identitas Anak (KIA).

Ajakan itu disampaikan Wabup saat menghadiri pelayanan dan penyerahan dokumen kependudukan dalam rangka percepatan kepemilikan dokumen kependudukan melalui penetapan desa/kelurahan sadar administrasi kependudukan oleh Disdukcapil di Kecamatan Batu Sopang, Kamis (31/10).

Wabup menyampaikan ajakan itu karena berdasarkan penjelasan Plt Camat Batu Sopang Arwin Mamonto, minimnya warga Batu Sopang khususnya Desa Batu Kajang  yang memiliki dokumen kependudukan, utamanya KTP.

“Kecamatan Batu Sopang saat ini penduduknya kurang lebih sekitar  28 ribu orang atau sekitar 11 ribu Kepala Keluarga, dan dari jumlah itu sebagain besar menetap di Desa  Batu Kajang dan sekitarnya sebagai karyawan PT Kideco. Namun masih cukup besar belum memiliki KTP Batu Sopang , dan dampaknya  saat pelaksanaan pemilu  mereka tidak terdaftar sebagai peserta pemilu,” kata Arwin yang saat itu juga hadir Kapolsek dan Danramil Batu Sopang.

Selanjutnya Wabup Kaharuddin mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kelengkapan dokumen adminsistrasi kependudukan. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan langsung ke desa dan kelurahan atau sistem jemput bola ke seluruh kecamatan.

“Kegiatan ini bernilai positif karena semakin mempermudah warga dalam mengurus administrasi kependudukan. Selain itu, warga yang berkesempatan mengurus administrasi kependudukan pada kegiatan ini akan langsung mendapat 3 jenis dokumen yaitu Akte Kelahiran, Kartu keluarga dan Kartu Identitas Anak atau KIA,” katanya.

Menurut Wabup, warga negara dituntut untuk melengkapi dokumen administrasi kependudukan karena sistem pelayanan publik juga terus dikembangkan seperti dalam sistem administrasi pendidikan dan kepengurusan administrasi kepemilikan kendaraan di Kepolisian termasuk untuk membantu meningkatkan Data Pemilih Tetap (DPT) saat Pemilu diselenggarakan.

Masing-masing data kependudukan telah terintegrasi di semua sistem pelayanan publik pemerintahan se nusantara yang tentu saja akan mempermudah masyarakat dalam mengurus serta memperoleh dokumen yang di-inginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

“Kepada semua pihak yang terlibat pada kegiatan ini, kami harap dapat memberikan informasi yang seluas-luas kepada masyarakat akan adanya program layanan administrasi kependudukan ini, sehingga dapat memotivasi seluruh masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukannya,” pesan Wabup. (har-/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1868 detik dengan memori 1.04MB.