Berita:Upaya Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Dinas PPKBP3A Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik

Siaran Pers

Tana Paser - Dalam rangka meningkatkan peran perempuan dalam Pemilu, Pemkab Paser melalui Dinas PPKBP3A melaksanakan kegiatan sosialisasi Pengarusutamaan Gender bidang politik bagi perempuan pemilih pemula khususnya bagi siswi SMA/MA/SMK se Kabupaten Paser.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual diruang kerja Wakil Bupati Paser (18/8) mengangkat tema “Meningkatkan partisipasi politik perempuan menuju Indonesia yang kuat dan berkeadilan.

Dalam sambutan Kepala Dinas PPKBP3A menyatakan bahwa perempuan harus diberdayakan baik secara sosial, ekonomi dan politik sehingga dengan sendirinya akan berpengaruh besar pada pembangunan Pengarustamaan Gender.

“Kita ingin perempuan tidak hanya sekedar menjadi objek kemajuan tetapi harus bisa menjadi subjek dalam pembangunan, termasuk pembangunan dalam sosial politik dan harus lebih berperan dalam peningkatan keberdayaan menjadi bagian penggerak serta pemberi solusi dari upaya memajukan pembangunan Kabupaten Paser, Indonesia dan Dunia, tambah Hadijah.

Sebagai komitmen dalam mensukseskan acara tersebut, narasumber yang dihadirkan yaitu Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik Badan Kesbangpol dan Kabid PUG dan PP Dinas PPKBP3A Kabupaten Paser.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Paser menyampaikan dukungan atas kegiatan sosialisasi PUG bidang politik bagi siswi SMA/MA/SMK pemilih pemula se Kabupaten Paser.

Menurutnya, tujuan membangun kesadaran politik bagi pemilih pemula adalah salah satu upaya pelaksanaan gender, membangun pengetahunan politik untuk ambil bagian dalam menentukan arah pembangunan daerah ke depan dengan harapan semakin meningkatnya partisipasi perempuan dan tidak golput pada Pilkada tahun 2020 mendatang”, terang Kaharuddin.

Selain itu, melalui kegiatan ini mantan Ketua DPRD Kabupaten Paser tersebut berpesan kepada generasi muda Paser agar dapat menguasai teknologi karena tantangan dimasa mendatang pasti lebih berat dan penuh persaingan. “Hal tersebut sudah kita rasakan karena kondisi Pandemi Covid 19 sehingga sistem Daring menjadi pilihan utama dalam proses  belajar mengajar saat ini dan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebarannya.

Untuk menyukseskan pelaksanakan Pengarusutamaan Gender bidang politik Dinas PPKBP3A kembali melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Badan Kesbangpol, Dinas Cabang Pendidikan Wilayah V Provinsi kalimantan Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paser.

Di sela-sela kegiatan Kabid Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan mengatakan bahwa tujuan dilaksanakanya sosialisasi ini agar pelajar mengetahui apa itu politik, sehingga pelajar mau menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi Pilkada tahun 2020.

Kami  berkomitmen turut serta mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi dengan memberikan wadah kepada pemilih pemula untuk memahami arti dari politik bagi bangsa dan negara melalui kegiatan sosialisasi”, tutup Kasrani.

Selain sosialisasi, pada kesempatan tersebut dalam rangka percepatan Pengarusutamaan Gender, Dinas PPKBP3A kembali meluncurkan Inovasi SELERA MANJA (Sekolah Perempuan Menuju Mandiri dan Sejahtera). (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1559 detik dengan memori 0.96MB.