Berita:Tingkatkan Kualitas Data Gender dan Anak, Dinas P2KBP3A Gelar Rakor Data Terpilah Gender dan Anak Kabupaten Paser

Siaran Pers

Tana Paser – Tingkatkan kualitas data gender dan anak, Pemkab Paser melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Data Terpilah Gender dan Anak Kabupaten Paser (21/10).

Menurut Kabid PUG dan PP,  Dr. Kasrani, M.Pd, tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk memberikan masukan terkait indikator SIGA Kabupaten Paser;  berdiskusi  untuk kemajuan dan pengembangan selanjutnya dan mengajak berkolaborasi sebagai kontributor Data dan Informasi dalam penyusunan Data Terpilah di Kabupaten Paser, dan  diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintah dan masyarakat dalam penyusunan data terpilah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak  serta memperkuat Kelembagaan  Forum Data termasuk Kontributor Data.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KBP3A menyampaikan harapan agar seluruh pihak terkait dapat berperan aktif dalam pengumpulan, pengolahan dan analisis data terpilah secara terpadu sebagai bahan informasi dan pengambilan keputusan untuk pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Paser.

“Dalam kegiatan ini akan di pelajari tentang Penyusunan Data Terpilah Gender dan Anak, sehingga terkumpulnya data terpilah menurut jenis kelamin, status, kondisi perempuan dan laki-laki di seluruh bidang pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan, ekonomi dan ketenagakerjaan, bidang politik dan pengambilan keputusan, bidang hukum, sosial budaya dan kekerasan”, terang Hadijah.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappedalitbang H. Muksin, S.S., M.A. juga berpesan semoga kegiatan ini dapat memberikan gambaran gender dan anak secara menyeluruh disetiap tingkat administrasi dalam rangka penyusunan rencana kegiatan yang berbasis gender dapat berhasil dan berdaya guna.

Untuk diketahui,Kegiatan ini di isi oleh narasumber Dr. Iwan, MM dari KP3A Provinsi Kalimantan Timur,  M. Arief Meydiastomo, S.Sos dari Bappedalitbang, Dr. Kasrani, M.Pd  DP2KBP3A  serta di hadiri peserta dari OPD Se-Kab. Paser, dan  beberapa OPD Vertikal,  serta berbagai pihak terkait.

Kegiatan rakor ini dihadiri Staf Ahli Bidang Kesra drh. Boy Susanto, MP. Mewakili Bupati Paser Boy menyampaikan bahwa data gender dan anak menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya pengarusutamaan gender (PUG) dalam pemenuhan hak laki-laki, perempuan dan anak di berbagai bidang pembangunan.  Saat ini data dan informasi yang ada belum berupa database yang terintegrasi, dan informasi gender merupakan sesuatu yang tidak statis tetapi bersifat dinamis dan selalu berubah”, jelasnya.

Lebih lanjut Boy mengungkapkan bahwa data dan informasi sangat dibutuhkan sebagai bahan masukan dalam perencanaan pembangunan di semua bidang, tidak terkecuali pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Data gender dan anak tidak hanya menjadi kebutuhan dan perhatian dari Dinas P2KBP3A  saja, tetapi data gender dan anak harus menjadi bagian penting dalam pengelolaan data di seluruh lintas sektor di Kabupaten Paser”, tutupnya.

Dalam kegiatan ini juga dilanjutkan Launching Sistim Informasi Gender Perempuan dan Anak DP2KBP3A serta Penandatangan MoU DP2KBP3A dan Diskomimfostaper pengembangan PUG dan PP di Kabupaten Paser. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1605 detik dengan memori 0.96MB.