Berita:Stok Sembako Aman, Jahe Merah Capai Rp100 Ribu Perkilo Karena Daya Tahan Tubuh

Siaran Pers

TANA PASER- Menyikapi adanya penyebaran Virus Corona (Covid-19),  Sekda Paser Katsul Wijaya  mengimbau masyarakat  Kabupaten Paser agar tidak panik dan tetap waspada terhadap Virus Corona melalui perilaku hidup sehat dan bersih.

Selain itu, Sekda  juga mengimbau masyarakat agar tidak khawatir kekurangan bahan pangan sembako. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak melakukan pembelian sembako dalam jumlah besar karena seluruh kebutuhan tersedia.

Untuk memastikan seluruh stok sembako aman, Sekda Katsul Wijaya  bersama Asisten Perekonomia dan Pembangunan Sekda Paser Ina Rosana melakukan rapat bersama seluruh Tim Pengendalian  Inflasi Daerah (TPID)  Kabupaten Paser  di ruang kerja Sekda, Kamis (19/3).

Rapat TPID diikuti sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,  mewakili Dandim 0904, mewakili  Kapolres, Kantor Seksi Logistik Tanah Grogo, Badan Pusat Statistik serta 10 camat se- Kabupaten Paser.

 “ Dengan adanya masalah corona masyarakat tidak usah panik, masyarakat tidak usah khawatir dan jangan borong semua sembako. Sembako aman. jadi masyarakat tidak usah khawatir kekurangan sembako, “ tegas Sekda memberikan himbauan.

Yang menarik menurut Asisten  Perekonomia dan Pembangunan Sekda Paser Ina Rosana, saat ini di Tanah Grogot khusus jahe merah mengalami kenaikan yang cukup tinggi karena dipercaya jika di konsumsi  bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

“Jahe merah menjadi buruan konsumen sebagai salah satu penguat system imun tubuh. Karenannya jahe merah  semakin sulit dicari dan para pedagang jahe merah di pasar diserbu pembeli sehingga selalu kehabisan . Jika sebelumnya hanya Rp30 ribu perkilo, saat ini sudah mencapai Rp100 ribu lebih perkilo,”  kata  Ina.

Sedangkan Kadis Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Chandra Irwanadhi mengaku, semenjak maraknya virus corona,  masker dan hand sanitizer di kota Tanah Grogot  habis total dan begitupun terkait bahan yang dapat digunkan untuk membuat  hand sanitizer.

          “Saat ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan hand sanitizer seperti  Ethanol berkadar alkohol 95 persen yang berfungsi sebagai antiseptic juga kosong,” kata Chandra.

Terkait ketersediaan sembako,  mewakili Kantor Seksi Logistik Tanah Grogot mengatakan, seperti beras, gula, minyak dipastikan masih mencukupi. “Stok beras,  gulan,  minyak makan dan daging beku  masih aman  tiga bulan kedepan. Jadi tidak usah panik dan terlalu khawatir akan stok sembako, karena saat ini stok masih  banyak dan akan  ada penamban dan termasuk dari lokal seperti beras,”  katanya.(har-)

         

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.4144 detik dengan memori 2.44MB.