Berita:Sekda Tutup Pelatihan Kompetensi di BLK

Siaran Pers

Tana Paser – Sekretaris Daerah Aji Sayid Fathur Rahman menutup Pelatihan Berbasis Kompetensi dan berbasis masyarakat Program Kegiatan yang digelar dan dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Paser, Selasa (29/8), yang merupakan program kegiatan peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas yang anggarannya bersumber dari APBN tahun anggaran 2017.

            AS Fathur Rahman dalam sambutannya menyampaikan makna yang luar biasa dari visi Kabupaten Paser yaitu Maju Mandiri sejahtera dan berkeadilan. “Patokan kita, adalah beberapa negara tetangga yang sudah lebih maju, seperti Australia, Singpura dan Malaysia. Ciri Negara maju tentu warganya itu berketerampilan, berpengetahuan baik, memiliki keahlian dan keterampilan karena itu jarang warganya yang nganggur,” tutur Fathur Rahman
            Untuk mencapai kondisi ideal seperti di atas, Fathur Rahman mengatakan bahwa peran BLK sangat penting dalam memberikan keterampilan kepada warga negara.
            “Hanya saja sayangnya, BLK kita ini belum dapat kita bangun mendekati kata ideal untuk sebuah BLK, Perlu perjuangan keras, karena itu saya berterima kasih dan sangat menghargai sekali kerja keras Kawan- kawan di Disnaker Kabupaten Paser dengan segala keterbatasannya berusaha dan Berupaya keras untuk mendapatkan sumber sumber pendanaan, Karena APBD kita sudah cukup lama, kurang mengalir ke UPTD, jika memang ada, pasti nilainya kecil sekali,” lanjut Fathur Rahman.
            “BLK ini kalau berhasil kita bangun dengan baik akan sangat membantu banyak orang untuk bisa mandiri, sesuai dengan bagian dari visi Kabupaten Paser Tahun 2016 – 2021 yang merujuk kata maju kemudian mandiri pada gilirannya berikutnya jika sudah mandiri pasti akan sejahtera. Saya juga diingatkan oleh Sekretaris Disnaker agar kedepan Kabupaten Paser bisa bekerja sama dengan Kabupaten Bantaeng dalam rangka mengembangkan BLK Kabupaten Paser. Mengingat Ketika Pemkab Paser berkunjung kesana melihat BLK Bantaeng sendiri sudah melakukan kerja sama dengan Negara Jepang dalam pengembangan BLK disana, Paling tidak kita belajar dan Bisa bekerja sama dengan Kabupaten Bantaeng dalam Pengembangan BLK di daerah kita,” kata Sekda.
            Di banyak kesempatan saya sering mengucapkan pentingnya kita membangun BLK agar masyarakat kita terbantu sehingga ini sejalan dengan visi keempat kabupaten paser yakni “berkeadilan” ini sangatlah penting dengan tujuan, agar  potensi yang ada dikabupaten paser bukan hanya  dikelola oleh masyarakat dari luar Kabupaten Paser yang sudah maju, tapi dapat dikelola oleh masyarakat kabupaten paser itu sendiri. Ini baru terasa “adil” dengan begitu ada peningkatan pemerataan kesejahteraan yang otomatis mengurangi angka ketimpangan di Kabupaten Paser, Jadi dari BLK ini luar biasa sekali perannya dalam mewujudkan visi Kabupaten Paser, Sudah selayaknya kita memberi perhatian,” lanjutnya.
            Lebih lanjut Sekda mengatakan, Pemerintah menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada antusias para peserta karena sudah mau mendaftar dan belajar serta mau mengembangkan diri, saya perlu menyampaikan terimakasih ini karena adanya kemauan untuk merubah keadaan menjadi lebih baik. Itu akan sangat membantu pemerintah, karena kewajiban pemerintah adalah mewujudkan masyarakatnya bisa mandiri, dan ketika kemauan berubah untuk menjadi lebih baik dan maju berasal dari masyarakat itu sendiri maka ini akan lebih mempercepat lagi visi dan misi daerah kita tercapai. Ini yang kita harapkan Kabupaten Paser diisi oleh orang orang yang berketerampilan serta berpengetahuan yang baik.
            Ini merupakan pelatihan yang ketiga sejak Maret 2017. Sebelumnya, ada pelatihan kejuruan Instalatir penerangan listrik dan Kejuruan Menjahit Pakaian Dasar. Sumarliani, Kepala UPTD BLK menyampaikan tingginya minat masyarakat Kabupaten Paser yang ingin mengikuti kegiatan pelatihan ini membuat BLK harus melakukan tes dan seleksi peserta sehingga terpilih yang terbaik dari masing masing kejuruan hanya di ikuti 16 peserta.
            Salah satu peserta yang berasal dari Desa Tanah Periuk, Jumadi, sekaligus peserta yang mendapatkan nilai terbaik ini, dalam penyampaian pesan kesan dan harapannya di depan Jajaran Pemerintah Kabupaten Paser, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setingginya baik untuk Pemerintah Kabupaten Paser, penyelenggara dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi beserta UPTD BLK Kabupaten Paser yang sudah berupaya melaksanakan kegiatan pengembangan kualitas SDM.
            Menurut Jumadi, ilmu yang didapatkan selama mengikuti pelatihan ini akan sangat berguna dalam memperkaya keterampilan dan pengetahuan yang kami miliki sekarang. “Ke depan kami berharap agar program ini terus diadakan guna memberikan kesempatan untuk masyarakat Kabupaten Paser lainnya. Semoga setelah ini Dinas Tenaga Kerja bisa menjadi fasilitator dalam penyaluran tenaga kerja yang sudah mengikuti pelatihan seperti yang telah dilaksanakan,” kata Jumadi.
            Sementara mewakili Instruktur yang mengajar selama Pelatihan dilaksanakan Anang Mashuda mengatakan, Pelatihan tersebut menggunakan pola berbasis kompetensi untuk menyiapkan para peserta pelatihan untuk masuk dunia kerja. serta pola berbasis masyarakat dengan harapan setelah mengikuti pelatihan para peserta ini punya kemampuan dan membuat usaha sendiri, Adapun kurang memadainya fasilitas alat praktek yang ada di BLK Kabupaten Paser ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami dari Tim Instruktur di BLK Kabupaten Paser ini. (hum-sop)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1651 detik dengan memori 1.04MB.