Berita:Salat Idul Fitri Tidak Boleh di Lapangan

Siaran Pers

TANA PASER – Rapat koordinasi persiapan idul fitri 1442 Hijriyah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Paser Jumat (7/5) lalu menghasilkan beberapa kesepakatan, yang salah satunya tentang larangan untuk melaksanakan salat idul fitri di lapangan.

Rapat tersebut dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi dan dihadiri sejumlah elemen seperti Kementerian Agama, MUI, DMI, NU, dan Muhamadiyah. Menurut Romif, keputusan tentang larangan salat di lapangan ini berbeda dengan tahun sebelumnya di mana salat idul fitri sama sekali dilarang.

“Jadi tahun ini sudah ada kelonggaran, salat idul fitri tidak lagi dilarang, namun bisa dilaksanakan di masjid, langgar atau musala dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, cuci tangan dan memakai masker. Yang mau salat idul fitri di rumah berama keluarga juga diperbolehkan,” jelas Romif. Lebih lanjut Romif juga mengatakan bahwa keputusan rapat ini akan dibuat dalam bentuk Surat Edaran Bupati Paser.

Sementara itu dari pantauan Humas, sudah ada beberapa masjid yang melakukan persiapan salat idul fitri. Salah satunya Masjid Syuhada di Jalan Pangeran Menteri yang sudah melakukan persiapan sejak Ahad lalu. Pengurus dan jamaah masjid ramai-ramai membenahi halaman agar bisa digunakan jika kapasitas masjid tidak cukup menampung jamaah.

Selama ini salat ied di Tana Paser memang tersebar di banyak tempat. Namun ada 3 lokasi yang selalu paling ramai ditempati salat ied. Jamaah Masjid Syuhada bergabung dengan masyarakat Tana Paser melaksanakan salat ied di Halaman Kantor Bupati. Selain itu jamaah masjid At Taqwa dan sekitarnya juga selama ini melaksanakan salat ied di Arena Promosi Seni Budaya Putri Petong.

Sementara untuk jamaah Masjid Agung Nurul Falah sebelumnya tetap di masjid itu dengan memanfaatkan luasnya halaman kiri dan belakang untuk jamaah, bahkan kadang jamaah sampai di jalan Yos Sudarso dan jalan Ahmad Dahlan. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1287 detik dengan memori 0.94MB.