Berita:“Raih 6 Kali WTP, Kepala BPK RI Sebut Predikat WTP Kerjasa Keras & Kerja Cerdas Kepala Daerah & Aparatur Daerah”

Siaran Pers

TANA PASER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser  kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018  yang diserahkan Kepala Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltim di Samarinda, Jumat (24/5) sore.

Laporan hasil pemeriksaan (LHP)  LKPD tahun 2018 Pemkab Paser, diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Raden Cornell Syarief Prawiradinigrat kepada Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi bersama Ketua DPRD H Kaharuddin.

Dengan meraih predikat opini WTP, berarti Pemkab Paser enam  kali berturut-turut menyandag opini system keuangan daerah  tersebut. Kegiatan yang  berlangsung di ruang aula BPK Perwakilan RI Kalim dan dirangkai buka puasa bersama, juga hadir Sekretaris Kabupaten Katsul Wijaya, Kepala Inspektur Hj Dharmi Haryati, Kepala BPKAD H Abdul Kadir dan Sekretaris DPRD Amir Ahcmat.

          Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Raden Cornell Syarief Prawiradinigrat dalam sambutannya mengatakan, predikat WTP bisa diraih merupakan kerjasa keras  dan kerja cerdas kepala daerah dan aparatur daerah.

Dijelaskan Raden, pemeriksaan dan penyampaian laporan LHP LKPD merupakan hasil laporan yang disampaikan selambat lambatnya dua bulan setelah menerima hasil pemeriksaan. Atas dasar itu, BPK menjaga kualitasnya sesuai amanah UU.

“Opini wajar diberikan jika laporan bisa diterima dan dikoreksi. Sedangkan opini tidak wajar, jika laporan keuangan salah atau tidak bisa dikoreksi, atas laporan pemeriksaan yang dilakukan,” katanya.

Menurut Raden, kedudukan kepala daerah memiliki peranan penting dalam pelaksanaan keuangan di daerah. Keberhasilan suatu daerah sangat ditentukan pimpinan daerah.

“Kami prihatin, masih ada daerah yang belum raih WTP. Daerah yang meraih WTP merupakan kerja keras dan kerja cerdas dan kerja ikhkas masing masing daerah, bukan kerja BPK. Semuanya atas kerja keras aparatur daerah,” tandasnya.

Pihaknya lanjut Raden terus berusaha memperkuat pengawasan dan kinerja dalam melakukan pengawasan yang bisa dipertanggungjawabkan dan BPK terus berusaha meningkatkan pelayanan publik. “Kami berharap tahun depan semua kabupaten dan kota se Kaltim bisa meraih WTP, ” harapnya.

Untuk diketahui, ada 9 kabupaten/kota yang diberikan opini WTP, yakni Samarinda, Balikpapan, Bontang, Berau, Kutai Barat, Kutai Timur, Paser, Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanagara. Sedangkan Mahakam Ulu diberikan opini wajar dengan pengecualian. (har-/humas)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1519 detik dengan memori 2.78MB.