Berita:Pengawas MA Sosialisasikan “SiEka” kepada Guru MAN IC Paser

Siaran Pers

Tana Paser - Dalam rangka pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya guru Pegawai Negeri Sipil, MAN Insan Cendekia (IC) Paser menyelenggarakan pembekalan dan pelatihan aplikasi baru tentang kinerja yang dimiliki Kementerian Agama yakni “SiEka.” SiEka adalah singkatan dari Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN. Bertindak sebagai instruktur adalah Pengawas MA pada Kementerian Agama Paser, Nur Susanto. Kegiatan diikuti oleh seluruh Guru MAN IC Paser yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil sebanyak 17 orang dan Calon Pegawai Negeri Sipil sebanyak 4 orang..

Sebelumnya, Nur Susanto memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan bahwa salah satu misi MAN IC adalah mencetak saintis (ilmuwan) yang berkarakter Islam. Yang selalu menyeimbangkan ilmu pengetahuan dan agama. Ini adalah misi berat sekaligus mulia. Oleh karena itu perlu ditopang dengan Sumber Daya Manusia yang tangguh sehingga dapat berhasil mencapai misi tersebut. Saya yakin, guru di MAN IC ini adalah guru yang professional yang memiliki dedikasi tinggi. 

Mantan Kepala MTs Negeri 1 Tanah Grogot (sekarang MTsN 1 Paser) ini mengatakan bahwa Guru MAN IC adalah guru pilihan. Karena bapak ibu guru sudah memilih di MAN IC Paser maka harus siap jiwa dan raga, mewakafkan diri serta bekerja secara total. Mantan Guru SMP Kartika Tanah Grogot ini juga mengingatkan kepada Guru CPNS harus segera melakukan Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) selama satu tahun untuk kemudian dilakukan penilaian oleh atasan yang berwenang sehingga setelah dinyatakan lulus disertai sertifikat PIGPM, Guru CPNS dapat menerima SK Jabatan Fungsional Guru sekaligus menjadi Guru Pegawai Negeri Sipil.

Program SiEKA sejatinya adalah untuk mengetahui dan memonitoring kinerja harian, bulanan, dan tahunan ASN, termasuk Guru PNS. Selain itu, SiEKA juga memiliki dampak terhadap tunjangan kinerja setiap ASN. Jika kinerja ASN itu buruk, tentu saja tunjangannya tidak dapat ditingkatkan. Sebaliknya, jika kinerja baik atau terbaik, maka tunjangan kinerja baik atau mengalami peningkatan atau kenaikan. Semua itu tentu tergantung kepada diri masing-masing ASN. 

Dalam kegiatan pelatihan SiEka untuk pertama kalinya di MAN IC Paser ini, semua peserta tampak antusias menyimak dan mempraktikkan pengisian SiEka yang dibimbing langsung oleh Pengawas Madrasah Aliyah pada Kementerian Agama Kabupaten Paser, Nus Susanto. Sebelum pelatihan selesai, Nur Susanto kembali memberikan motivasi bahwa dengan adanya SiEka ini diharapkan dapat mengelola SDM menjadi lebih efektif dan efisien.  Selain itu, dapat mempermudah proses pelaporan kinerja ASN, khususnya guru PNS serta meningkatkan kualitas dan profesionalitas ASN di MAN IC Paser.*(Humas_ICPaser)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1408 detik dengan memori 0.82MB.