Berita:Pemkab Paser Ikuti Prospek Batubara Ramah Lingkungan

Siaran Pers

TANA PASER- Indonesia khususya Provinsi Kaltim yang kaya dengan sumber daya batubara, jika dimanfaatkan secara benar bisa berguna sebagai sumber energi yang ramah lingkungan. 

Hal itulah yang menjadi isu utama kegiatan penyampaian saran kebijakan prospek pengembangan batubara yang ramah lingkungan terhadap Ketahanan Energi Daerah, Nasional dan Kawasan Asean.

Penyampaian saran kebijakan yang dihadiri Asisten Ekonomi Setda Paser  Karoding bersama sekretaris Bappeda Paser Muksin, dibuka Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dengan narasumber  Direktur Ekonomi Asean Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Energi RI dan Ketua Asosiasi Batubara Indonesia dan Pemprov Kaltim  di ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur di  Samarinda, Kamis (30/3).

Kegiatan yang dihadiri unsur Pemerintah daerah, Bupati/Walikota se-Kaltim dan Ketua Bappeda, DPRD  serta pimpinan  perusahaan yang bergerak pada sektor pertambangan se-Kaltim ini, bertujuan untuk  mengoptimalkan batubara untuk industri pembangkit listrik yang bisa menjadi sumber energi ramah lingkungan didaerah.

Selain itu pengelolaan pengembangan gasifikasi batubara menjadi energi listrik, batubara selalu ditakuti bahwa namanya batubara itu kotor, ternyata bisa menjadi sumber energi ramah lingkungan jika dimanfaatkan secara benar.  Batubara yang memiliki kalori rendah ternyata bisa berguna sebagai sumber energi yang ramah lingkungan.

Meskipun saat ini pengembangan energi listrik tenaga batubara sudah dikembangan di kawasan Kariangau Balikpapan, namun Gubernur Awang Faroek Ishak dalam arahannya mengharapkan, energi listrik tenaga batubara tersebut dapat dikembangkan diseluruh daerah di Kaltim dengan dukungan berbagai pihak dalam upaya mengatasi masih tingginya kebutuhan energi listrik di wilayah Kaltim.(har-)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1883 detik dengan memori 0.95MB.