Berita:Pemkab Miliki Komitmen Lestarikan Adat, Seni & Budaya Daerah

Siaran Pers

TANA PASER- Pemerintah Kabupaten Paser memiliki komitmen besar  terhadap pelestarian adat, seni dan budaya lokal  dengan tujuan tidak punah oleh kemajuan zaman.

Komitmen dan kepedulian pemerintah daerah dalam melestarikan adat, budaya dan kesenian daerah telah ditunjukan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan  secara rutin setiap tahunnya dalam momentum peringatan  hari jadi Kabupaten melalui festival budaya daerah Paser dan parade budaya nusantara.

Tidak itu saja menurut Kabag Bina Kesra I Setda Paser Muksin saat memimpin rapat koordinasi kebudayaan daerah yang digelar di ruang rapat Sekda Paser, Rabu (21/2), selama ini melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pendidikan, telah mengagendakan berbagai kegiatan-kegiatan dalam upaya pelestarian budaya di Kabupaten Paser.

“Selama ini Pemkab Paser sangat mendukung adanya acara-acara tradisi sebagai kekayaan budaya di masyarakat. Jangan sampai tradisi-tradisi budaya  hilang ditelan zaman,” kata Muksin dalam rakor yang diikuti Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan serta Bappeda.

Pengembangan kebudayaan lanjut Muksin  diwujudkan dalam dukungan anggaran daerah melalui unit kerja terkait,  dan hal ini sejalan dengan poin ke 5 visi Kabupaten Paser yakni  Memperkuat Kohesivitas Sosial, Budaya dan Adat Istiadat Lokal.

“Komitmen tersebut juga diwujudkan dengan direalisasikannya pembangunan rumah adat dan termasuk meningkatnya anggaran pengembangan budaya  yang pada tahun 2017 hanya berkisar Rp200 juta lebih, tahun anggaran 2018 ini mencapai Rp 1 miliar lebih,” tandasnya.

Selama ini Pemkab Paser menurut Muksin  tidak pernah menutup mata dalam upaya pelestarian budaya daerah,  menjaga dan melestarikan adat tradisi  serta mengembangkan potensi adat tradisi yang ada di daerah.

“Geliat dan eksistensi seni dan budaya Paser masih terus berkesinambungan dengan tetap mempertahankan kelokalan daerah,” tambah mantan Sekretaris Bappeda ini.

 Di sisi lain sebut Muksin, satuan kerja perangkat daerah terkait dapat melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga kesenian yang tumbuh dan berkembang, sekaligus menginventarisasi dan membina untuk kemajuan serta perkembangannya, sekaligus memajukan kesenian Paser  secara berkesinambungan. (har-/hms)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1845 detik dengan memori 0.94MB.