Berita:MAN IC Paser Peringati Hari Santri Nasional 2020

Siaran Pers

Tana Paser - Untuk kelima kalinya MAN Insan Cendekia Paser kembali memperingati Hari Santri Nasional, Kamis (22/10/2020) di Aula Pertemuan MAN IC Paser secara virtual melalui zoom meeting yang disiapkan oleh Panitia, Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan melalui dunia maya tersebut diikuti oleh Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Asisten Kesra, Dr. M. Jauhar Effendi, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kaltim, Drs. H. Masrawan, M.Ag., Ketua MUI Kaltim, K.H. Hamri Haz, Imam Besar Masjid Islamic Center/Ketua Syuriah NU Kaltim, KH. Fakhruddin Wahab, M.Th., Kepala Kemenag se Kaltim, MUI se Kaltim, Para Kepala Madrasah MI, MTs, dan MA serta seluruh Pondok Pesantren se Kaltim. Khusus untuk MAN IC Paser, semua siswanya yang berjumlah 285 juga diikutkan dalam kegiatan tersebut.

Dalam Sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H. Masrawan, M.Ag., menyampaikan bahwa peringatan hari santri nasional adalah hari yang sangat istimewa karena tanggal 22 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Joko Widodo melalui Kepres No.22 tahun 2015. Penetapan Hari Santri Nasional setiap tangga 22 Oktober merujuk dari peristiwa dicetuskannya resolusi jihad oleh Hadartus Syekh K.H. Hasyim Asy’ari dalam mengusir penjajah Belanda demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peristiwa tersebut telah melahirkan hal yang terbaik bagi kita semua.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Asisten Kesra, M. Jauhar Effendi menyampaikan bahwa pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan, tapi juga sebagai lembaga pengabdian masyarakat dan dakwah. Dalam suasana masih mewabahnya covid-19 ini, saya mengajak kepada semua santri, para guru, dan masyarakat Kaltim agar selalu mengamalkan 3M, Memakai masker, Mencucui tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak. Satu hal yang juga sangat penting ditambah 1M lagi yaitu Memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dan tidak terjangkit covid-19.

Kepada para santri dan Pondok Pesantren di seluruh Kaltim saya berpesan untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, menjadi panutan dan teladan dalam masyarakat serta menjadi suluh penerang bagi masyarakat. Tingkatkan terus kemampuan beradaptasi dengan tantangan zaman yang semakin komplek, para santri tidak hanya ahli agama tapi juga menjadi ahli yang mampu mewarnai khazanah peradaban dunia. Istiqamah dan terus berkonstribusi dalam pembangunan tatanan sosial kemasyarakatan dengan cara dan pendekatan baru dengan mengedepankan hikmah dan nilai-nilai humanis(kemanusiaan). Sebarkan rahmat, kembangkan toleransi dan cinta kasih sayang kepada sesama serta antikekerasan. Jalankan pola hidup sehat dan bersih dengan selalu menerapkan protokol kesehatan serta selalu optimis dan semangat dalam menjalani kehidupan ini dengan lebih disiplin dan produktif.

Semoga dengan peringatan Hari Santri tahun ini semakin mengokohkan keberadaan santri, karena dengan santri sehat Indonesia akan kuat. Sekali lagi atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 2020, semoga Allah swt selalu memberikan keberkahan dan kesuksesan kepada kita semua. Demikian Gubernur Kalimantan Timur mengakhiri sambutannya.

Pada akhir acara dilanjutkan dengan istighasah yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Islamic Center Samarinda, yang juga Ketua Syuriah NU Kaltim, KH. Fakhruddin Wahab, M.Th., dan ditutup dengan doa oleh Ketua MUI Kaltim, KH. Hamri Haz. (humas_ispaser)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1473 detik dengan memori 0.96MB.