Berita:LAN III Samarinda: ASN Harus Berubah dan Berinovasi

Siaran Pers

TANA PASER – Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Samarinda Dr Mariman Darto mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan daerah dalam membina birokrasi adalah dengan perubahan dan inovasi. Perubahan yag dimaksud adalah bagaimana pemerintah bisa menciptakan hal-hal baru dengan nilai jual tinggi dan bisa diikuti oleh orang lain unit organisasi.

        Aparatur Sipil Negara menurut Mariman baik secara invidu maupun organisasi wajib memiliki kemampuan untuk menciptakan ide baru dan mengaplikasikan ide itu. Meski diakui, perubahan itu penuh dengan resistensi.
        “Hanya dengan cara itu Paser bisa bersama-sama Kalimantan Timur mengejar ketertinggalan dari daerah lain,” tutur Mariman, saat menjadi pembicara pada sosialisasi peta jalan reformasi birokrasi yang berlangsung di Pendopo, Rabu (19/7).
        Di sisi lain Mariman mengingatkan para pejabat pemerintahan Paser untuk menyambut wacana pemerintah pusat yang akan memindahkan ibukota RI ke Kalimantan. Meski masih wacana, Paser tetap harus melakukan langkah-langkah persiapan sebagai daerah feriferi atau penyangga.
        Sebelumnya pada saat pembukaan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Karoding P yang membacakan sambutan Bupati Paser sekaligus membuka sosialisasi mengharapkan pimpinan instansi beserta jajarannya agar bisa bekerjasama dengan baik dengan tim dari PKP2A III LAN Samarinda.
        “Mari membangun komunikasi yang intens, memberikan data dan informasi  dengan valid dan cepat, karena tanpa dukungan dan kerjasama saudara dalam memberikan informasi dan data yang dibutuhkan, maka sulit untuk mewujudkan dokumen road map reformasi birokrasi yang utuh, berkualitas dan akuntabel,” ajak Karoding. (aks)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1479 detik dengan memori 0.94MB.