Berita:Kades Kompak Mengadu ke Bupati

Siaran Pers

TANA PASER – Pertemuan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dengan Kepala Desa di Kantor Desa Prayon, Senin (6/11) dimanfaatkan Kepala Desa untuk menyampaikan uneg-uneg dan aspirasi warganya. Ada enam kepala desa yang hadir untuk berbicara dengan bupati, yaitu Lusan, Muara Payang, Muara Kuaro, Binangon, Selerong, dan tuan rumah Prayon.

Selain jalan yang menjadi selalu menjadi topik utama tiap desa, kepala desa juga menyampaikan kebutuhan dasar seperti air bersih dan listrik. Kepala Desa Binangon mengatakan bahwa kedua kebutuhan dasar ini masih menjadi mimpi bagi warganya padahal jarak ibukota desa dari jalan negara hanya berkisar 7 kilometer.
            Terhadap permintaan ini Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi menyarankan warga desa untuk mencari alternatif sumber air seperti sumur bor dan embung, yang keduanya memang belum ada di desa ini menurut Kepala Desa. “Saya minta Dinas PMD memfasilitasi pembuatan embung di desa Binangon,” kata Bupati kepada Sekretaris DPMD Jarkawi.
            Terkait penyediaan sumber energi, Bupati mengatakan bahwa pada 2016 ada 40 desa lagi yang belum menikmati penerangan dan dalam dua tahun terakhir angka ini sudah berkurang. “Diupayakan agar 2019 krisis listrik di 40 desa ini sudah teratasi semua, apakah dengan sambungan PLN, PLTS atau sambungan listrik dari Kalimantan Tengah yang melewati wilayah Muara Komam,” kata Bupati didampingi Asisten II Bidang Ekonomi Karoding.
               Adapun Kepala Desa Prayon Barniah mengusulkan transmigrasi di wilayahnya. Menurut Barniah Prayon tahun ini dihuni 72 Kepala Keluarga, dan tidak ada penambahan penduduk yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. (aks)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1728 detik dengan memori 0.94MB.