Berita:Gelar Upacara Hut RI Ke-74, Kepala MAN IC Bacakan Sambutan Mendikbud

Siaran Pers

TANA PASER- Dalam rangka mensyukuri nikmat kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan, MAN Insan Cendekia Paser kembali melaksanakan Upacara Peringatan Detik- detik Kemerdekaan RI yang ke- 74, (Sabtu, 17/8) di halaman MAN IC Paser, Jalan Negara km.08 Sempulang Kecamatan Tanah Grogot.

 Bertindak selaku pembina upacara  Kepala MAN IC Paser, Khoirul Anam dan  diikuti oleh seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta seluruh siswa MAN IC Paser.

Dalam amanatnya, Khoirul Anam membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan,  di hari memperingati 74 tahun kemerdekaan RI ini kita harus bersyukur ke hadirat Allah sebagai pengingat  bahwa kemerdekaan adalah sebuah capaian yang tak ternilai harganya atas perjuangan panjang dalam melawan penjajahan dan penindasan.

“Untuk itu mari kita doakan semoga para pahlawan kemerdekaan negeri ini mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” kata Mendikbud.

 Lebih lanjut, Mendikbud menyatakan bahwa Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia harus dimulai melalui penyediaan akses pendidikan yang merata, berkeadilan, berkualitas, inklusif, dan berkesetaraan.

 Untuk itu perlu adanya sebuah reformasi paradigma pendidikan. Yaitu paradigma yang adaptif dengan perkembangan zaman, yang dimulai dengan sistem zonasi yang bukan berhenti pada Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB), namun juga meliputi penataan dan pemerataan guru, pemerataan infrastruktur, berbagi sumber daya, pengintegrasian pendidikan formal dan nonformal, serta penataan ekosistem pendidikan.

 Masih kata Mendikbud,   pembangunan SDM Indonesia juga berfokus pada pembangunan karakter bangsa dengan menguatkan pendidikan yang berfondasikan nilai-nilai Pancasila dan budi pekerti di seluruh ekosistem pendidikan. Untuk itu perlu kolaborasi dan partisipasi aktif tripusat pendidikan yang merupakan satu kesatuan dalam ekosistem pendidikan yang meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 Usai pelaksanaan upacara Peringatan HUT RI ke 74, dilakukan pelantikan Pengurus Majelis Permusyawaratan Kelas(MPK), Organisasi Siswa Intra Sekolah(OSIS), dan Organisasi Putra Putri Asrama(OPPA) MAN IC Paser untuk periode 2019-2020.

  Kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada siswa siswi berprestasi, baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional dan makan bersama-sama seluruh GTK dan siswa dengan menu Nasi Samin di Halaman Madrasah. Lalu setelah shalat zhuhur, dimeriahkan dengan berbagai lomba antara lain tarik tambang, lari estapet kelereng, lari karung, futsal dan satu lomba bernuansa akademik yakni Lomba Debat Bahasa Inggris serta Lomba Drama Bahasa Inggris. (har-/humas)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1846 detik dengan memori 2.78MB.