Berita:Era Digitalisasi, Perumpamaan Raqib dan Atid Muncul dalam Wujud Kasat Mata

Siaran Pers

TANA PASER – Salah satu narasumber pada acara Rapat Kerja (Raker) Kehumasan Kalimantan Timur yang berlangsung di Berau, Selasa (10/4), Hendry Subiakto mengatakan bahwa kemajuan teknologi yang mengantar umat manusia memasuki zaman digitalisasi seperti saat ini telah membuat manusia, terutama pengguna android seolah secara terus-menerus selama 24 jam.

Hendry menyebut bahwa kemajuan teknologi ini ibarat malaikat Raqib dan Atid yang mencatat segala rekam jejak manusia. Dalam pemaparannya selama satu jam lebih, Hendry yang sejak 2007 menjabat sebagai staf ahli hukum di Menkominfo ini menyebut perumpamaan ini sampai tiga kali, sebagai bentuk penekanan bahwa telepon selular zaman now merupakan perangkat yang disertai dengan aplikasi yang ‘melaporkan’ semua gerak-gerik penggunanya.

“Semua aktifitas keseharian kita, termasuk apa saja yang dilakukan, di mana kita berada dan apa pandangan-pandangan kita terhadap isu tertentu akan terekam dan gampang sekali diketahui dalam waktu yang sangat singkat,” papar guru besar FISIP Universitas Airlangga ini.

Hendry mengatakan bahwa khusus umat Islam pasti percaya tentang adanya malaikat Raqib dan Atid yang mencatat segala amal baik dan buruk umat manusia selama hidup di dunia. “Nah sekarang muncul perangkat yang merekam semua aktifitas kita,” tambahnya.

“Seharusnya kalau sudah paham akan hal ini (manusia diawasi) maka seseorang akan berfikir berulang kali sebelum melakukan sesuatu yang sifatnya menyimpang, atau bertentangan dengan hukum dan aturan yang berlaku, karena gampang sekali untuk ketahuan,” tegasnya lagi.

Prof Hendry Subiakto hadir sebagai salah satu pembicara dalam Raker Kehumasan tahun 2018 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lantai 2 Hotel Palmy Berau. Selain Hendry, satu narasumber lain dari lembaga anti rasuah, yaitu Kepala Bagian PKIP Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati Iskak.

Pemaparan secara panel dipandu oleh Asisten III Kabupaten Berau, sedangkan sesi tanya jawab dipandu oleh Kepala Biro Humas Setdaprov Kalimantan Timur, Tri Murti Rahayu. (aks)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2480 detik dengan memori 2.43MB.