Berita:Bupati Resmikan Desa Batu Kajang Desa Sadar Kerukunan

Siaran Pers

TANA PASER- Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Selasa (29/1) meresmikan Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang sebagai Desa Sadar Kerukunan di Provinsi Kalimantan Timur.

Penetapan Desa Batu Kajang sebagai Desa Sadar Kerukunan  ini adalah yang kedua di wilayah Provinsi Kaltim setelah  Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara.

Peresmian desa Batu Kajang sebagai Desa Sadar Kerukunan ditandai pembacaan ikrar oleh 5 tokoh agama yang ada di Desa Batu Kajang, pemotongan tumpeng oleh  dan pelepasan tirai penutup plang papan nama, Desa Sadar Kerukunan oleh Bupati.

Turut hadir jajaran pengurus  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Paser, Kepala Kementerian Agama Paser, Kapolsek dan Danramil Batu Sopang, Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesejahteraan Rakyat Boy Susanto,  Asisten Ekonomi  Ina Rosina, Kepala Kesbagpol M Tauhid serta sejumlah pimpinan SKPD, Kabag di lingkungan Pemkab Paser dan jajaran Camat.

Peresmian yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Batu Kajang ini, juga turut dihadiri Camat Batu Kajang Arifuddin Syah, tokoh agama, tokoh  pemuda, tokoh adat, pimpinan perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Batu Sopang serta masyarakat Batu Kajang.

Bupati Yusriansyah Syarkawi dalam sambutannya mengatakan, upaya pembangunan masyarakat di Kabupaten Paser tidak hanya dititikberatkan pada pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana semata. Akan tetapi, pembangunan menyeluruh juga dilakukan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia, melalui pembinaan kerukunan keagamaan,  karena kerukunan yang berjalan dengan baik dan damai akan dapat memberikan kontribusi sangat positif terhadap pelaksanaan pembangunan.

Sebagai Kabupaten yang memiliki masyarakat yang majemuk, dengan latar belakang berbagai budaya, agama dan bahasa, yang menyatu dalam kehidupan di masyarakat Paser yang inklusif, sikap dimana perbedaan agama yang keberadaannya saling diakui, oleh karenanya saya sangat mengapresiasi Desa Batu Kajang menjadi desa sadar kerukunan umat beragama dan insya Allah ini akan memberikan inspirasi kepada desa lain sehingga kerukunan beragama di Kabupaten Paser ini terus terbina dengan baik. Dengan demikian, kita berharap, tujuan pembangunan yaitu mewujudkan Kabupaten Paser yang maju mandiri sejahtera dan berkeadilan, dapat tercapai,” katanya.

Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama, Kantor Kesatuan Bangdan dan Politik Kabupaten Paser dan kerukunan umat beragama Kabupaten Paser atas prakarsa, kepedulian dan perhatiannya terhadap pembinaan kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Ini menjadi penting, karena sekarang ini, kondisi krisis kebangsaan dan kerukunan terkadang sangat rawan dan mudah dipropokasi  oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apresiasi yang lain saya sampaikan juga kepada segenap warga Desa Batu Kajang. Mulai hari ini, saudara-saudara menjadi bagian dari desa sadar Kerukunan Umat Beragama, dan yang kedua di Kalimantan Timur,” tandas Yusriansyah. (har-/humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1851 detik dengan memori 1.04MB.