Berita:141 Guru di Paser Belajar Ngajar Daring

Siaran Pers

Tana Paser – Selvi Sri Handayani, S.Pd.SD bersama 140 guru SD/MI dan SMP/ MTs di Kabupaten Paser mengikuti pelatihan jarak jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation dari tanggal 10 hingga 13 Juli 2020.  Pelatihan ini juga didukung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Paser dan Kementerian Agama Kabupaten Paser. 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas ilmu teknologi terhadap guru. “Tidak hanya peningkatan kapasitas ilmu teknologi, tetapi juga bagaimana memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa walaupun secara daring,” buka Affan Surya, koordinator provinsi Tanoto Foundation Kalimantan Timur. 

Selvi Sri Handayani, S.Pd.SD yang mengampu semua mata pelajaran di kelas V, SDN 006 Tanah Grogot mengikuti kegiatan ini dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore.  Selama pelatihan, Selvi belajar beragam aplikasi pembelajaran daring tetapi juga aplikasi pertemuan daring. 

“Selama pelatihan, saya banyak mengenal aplikasi untuk melakukan pembelajaran daring, ada rumah belajar, google classroom, belajar online, kelas pintar, Zenius, Sekolahmu, TEAMS, Facebook Group, Telegram Group,” cerita Selvi. 

Selain aplikasi pembelajaran daring, Selvi dan 140 peserta guru belajar aplikasi pertemuan daring. Guru kadang kala memerlukan tatap muka dengan siswa untuk memberikan penjelasan materi yang tidak dimengerti oleh siswa. Jika tidak dapat menggunakan zoom, guru dapat memilih aplikasi lain seperti Webex, YouTube streaming, Skype, Jitsi. 

Yang tidak kalah penting, dalam pelatihan ini adalah belajar model dan strategi pembelajaran aktif. Bagaimana interaksi antar siswa dan guru terjalin dalam pembelajaran walaupun terpisah jarak. “Pembelajaran ini bukan hanya sebatas penugasan, dengan adanya pelatihan ini, guru-guru tetap dapat menerapkan unsur pembelajaran aktif mengalami, interaksi, komunikasi, refleksi (MIKiR) dalam pembelajarannya,” tutup Affan Surya, koordinator provinsi Tanoto Foundation. 

Setelah pelatihan selesai, Selvi membantu teman-teman lainnya yang membutuhkan bantuan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh yang bermakna. Tentunya, Selvi menyempurnakan pembelajaran daringnya dengan ilmu yang didapat dari pelatihan Tanoto Foundation. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1727 detik dengan memori 0.96MB.