Berita:Pasien Covid dari Tanah Grogot dan Batu Sopang Akibat Transmisi Lokal

Siaran Pers

TANA PASER – Hingga akhir Agustus 2020 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Paser sudah mencapai 190 orang, dengan rincian 152 sembuh, 5 meninggal dunia dan 33 masih dalam perawatan. Dari jumlah ini, warga dari Kecamatan Tanah Grogot dan Batu Sopang yang paling banyak terpapar, masing-masing 77 dan 67 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan bahwa hingga kini status Covid-19 di kedua kecamatan ini sudah transmisi lokal. Artinya penularan tak lagi bisa dideteksi hanya pada orang terdekat pasien, melainkan sudah mewabah dan setiap orang bisa saja menularkan pada orang lain dengan status tanpa gejala dan dikenal dengan nama asimtomatik.

Karena itu Kepala Dinas Kesehatan ini menyampaikan bahwa penggunaan masker kini statusnya wajib bagi setiap warga bagi keluar rumah, meskipun tidak ada sanksi bagi yang tak menggunakan masker karena belum ada payung hukum untuk itu di Kabupaten Paser.

Untuk informasi terbaru, Amir mengatakan bahwa ada 8 pasien baru dari kedua kecamatan ini dan semuanya diduga merupakan hasil dari transmisi lokal. “Mereka semua asimtomatik atau tanpa gejala,” jelas Amir Faisol.

Psr 183 laki-laki usia 48 tahun dari Kecamatan Tanah Grogot. Selanjutnya 3 pasien semuanya laki-laki dari Batu Sopang, yaitu Psr 184 usia 51 tahun, Psr 185 usia 49 tahun dan Psr 186 usia 45 tahun.

Selanjutnya ada 4 perempuan dari Tanah Grogot, dua di antaranya anak-anak, yaitu Psr 187 usia 9 tahun dan Psr 188 usia 13 tahun. Lalu Psr 189 usia 37 tahun dan Psr 190 usia 49 tahun.

Dari 8 pasien ini, 7 di antaranya sedang menjalani isolasi dan perawatan di rumah isolasi eks RSUD PS. Satunya, yaitu Psr 190 sedang isolasi mandiri. Jadi dari 33 pasien yang saat ini dirawat, 31 di antaranya di rumah isolasi eks RSUD PS, 1 di ruang isolasi RSUD PS dan 1 isolasi mandiri.

Untuk pembagian pasien positif per kecamatan, saat ini paling banyak dari Kuaro, yaitu 13 orang, Batu Sopang 9, dan Tanah Grogot 7. Lainnya, 4 kecamatan dengan masing-masing 1 pasien, yaitu Long Ikis, Muara Komam, Pasir Belengkong dan Muara Samu. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.2297 detik dengan memori 0.82MB.