Berita:Sekda Katsul Wijaya : Harapan Kami Kelurahan Long Ikis Cetak Sejarah

Siaran Pers

LONG IKIS-Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Drs. Katsul Wijaya, M.Si mewakili Bupati Paser didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ir. H. Romif Erwinadi, M.Si, mengikuti kegiatan klarifikasi lapangan  Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Nasional di Kelurahan Long Ikis Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Selasa, (27/08/2024).


Tema yang diusung dalam Lomba Desa dan Kelurahan kali ini ialah, mewujudkan masyarakat yang sejahtera, melalui belanja desa dan kelurahan yang efektif dan partisipatif. Dalam kegiatan ini, Tim Klarifikasi yang di ketuai oleh, DR. Muhammad Andi Sigit Rahman, Ph.D, menyampaikan ucapan selamat atas apa yang sudah di raih oleh Kelurahan Long Ikis, "kegiatan ini merupakan evaluasi pengembangan desa dan kelurahan. Kami mewakili dari pusat mengucapkan selamat, atas capaian dari kelurahan Long Ikis, yang sudah menjadi nominasi 5 besar. Semua berkat kerja keras Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi,"ungkapnya.


Sasaran penggalian fakta dilapangan meliputi bidang Pemerintahan, Wilayah dan Masyarakat. Yang menjadi penilaian ialah, hal-hal yang bernilai inovasi dan potensi-potensi yang ada di lapangan, pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel serta, dibutuhkan perangkat daerah yang inovatif menuju masyarakat yang sejahtera. Andi sigit menjelaskan lebih lanjut tujuan dari klarifikasi lapangan ini juga untuk menggali lebih dalam bagaimana peran Kelurahan untuk memanfaatkan potensi yang ada melalui inovasi agar masyarakat sejahtera dapat tercapai. 


Dalam sambutannya, Sekda Katsul menyampaikan rasa syukurnya atas apa yang sudah diraih oleh Kelurahan Long Ikis selian itu, Sekda Katsul juga menyampaikan optimisnya bahwa Kelurahan Long Ikis dapat meraih juara satu nasional dengan inovasi yang telah dibuat "Kami optimis dengan inovasi yang kami jalankan dapat memberi nilai lebih dibandingkan daerah lainnya, yaitu:

1. Sipakot  Buen (Sistem Pengelolaan Pasar yang Bersih, Maju, Tertib, dan Aman) 2. Teeas Ngopi Bayo Sekurau 3. KKD ( Kuman - Kuman Dile)  4. Sipentanduk (Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan) 5. Sidang Keliling (Kerjasama Kelurahan Long Ikis Dengan Pengadilan Agama) 6. Supir Candu (Pemberian  Suvenir dan Bahan Makanan Tambahan kepada Bayi dan Balita di Posyandu) 7. Jum'at Resik 8. Jum'at Bugar 9. Nuntun Ulun Mekom (Menjenguk Warga yang Sakit) 10. Perment (Pemberian Reward dan Punishment)kepada pegawai di kantor Kelurahan Long Ikis, 11. Bina  Pokdawis (Program Pembinaan Kelompok Dasawisma )," terang Sekda Katsul.

Sebelum menutup sambutannya, Sekda Katsul menyampaikan harapannya "dengan inovasi yang telah kami lakukan, harapan kami Kelurahan Long Ikis dapat mencetak sejarah," tutup Sekda Katsul.


Sebagai informasi tambahan, Kelurahan Long Ikis saat ini masuk dalam nominasi 5 besar Kelurahan terbaik pada Regional 3 (Kalimantan dan Sulawesi). Setelah tim penilai telah melakukan klarifikasi lapangan, hasil penilaian akan diserahkan kepada tim di pusat untuk dilakukan pleno penetapan 3 besar yang hasilnya akan diumumkan sekitar 2 pekan kedepan. Kemudian, Kelurahan yang masuk 3 besar akan melakukan presentasi di Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Tim Penilai, Dr. M. Sigit Andi Rahman, Ph.D (Dosen Fakultas Humaniora President University Cikarang), 

Rani Kumala Sari, S.AP (Analis Kebijakan Ahli Pertama), Kuncoro Adi Prabowo (Human Centered Design Specialist), tim pendamping dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur, Drs. Dakwan Diny (Kabid. Pemerintahan Desa dan Kelurahan), Vincentius Samadi Ponco Putro, S.STP, Dwi Windarta Nugraha, S.STP, Akmal Makarim Effendie, S.Kom, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Paser, Ir. H. Romif Erwinadi, M.Si, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Paser, para Kepala Bagian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Paser, Camat Long Ikis, Lurah Long Ikis. (Prokopim)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 4.3740 detik dengan memori 8.86MB.