Berita:Paser Kirim 70 Kafilah Ikuti MTQ ke-39 Kaltim di PPU

Siaran Pers

TANA PASER - Kabupaten Paser  mengirimkan 70  kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 Provinsi Kaltim yang digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) , 13-21 Mei 2017.

Ketua kontingen Paser yang juga Kepala Kementerian Agama Paser H Muhlis menjelaskan, pada ajang MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kaltim 2017 ini, Paser mengirim delegasi sebanyak 70 kafilah terdiri pendamping, pelatih, official dan peserta lomba atau qori/qoriah.
        “Dari 70 orang tersebut, tercatat 38 orang sebagai peserta dari hasil Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Paser,” sebutnya saat acara pelepasan kafilah Paser, Sabtu (13/5) di Pendopo oleh Bupati Paser.
        Menyangkut lomba, Muhlis menyebutkan dari 7 lomba MTQ yang diikuti kafilah Paser yang terdiri cabang Tilawah Quran, Tartil Quran, Tafsir Quran,  Fahmil Quran atau Cerdas Cermat , Syarhil Quran, Khattil Quran atau kaligrafi serta Makalah Al Quran, ada cabang  tidak diikuti.
        “Dari cabang-cabang lomba yang kita ikuti tersebut, untuk cabang Tafsir bahasa Arab dan bahasa Inggris serta Indonesia dan termasuk cabang tuna netra putri, tidak kita ikuti,” sebutnya.
        Ke depan menurut Muhlis, LPTQ Paser dapat memprogramkan pembinaan cabang-cabang yang tidak diikuti dan termasuk melakukan kerjasama dengan pendidikan seperti MAN Insan Cendekia untuk mengisi cabang yang absen tersebut.
“Yang jelas dengan adanya perubahan pelaksanaan MTQ kabupaten pada bulan Desember, jenjang pembinaan qori dan qoriah kita semakin panjang untuk persiapannya,” kata Muhlis seraya menyebutkan, dengan adanya cabang-cabang yang tidak diikuti, berpengaruh pada perolehan juara.
        Sementara menurut Sekretaris LPTQ Paser Ardhiansyah, Kafilah MTQ Paser mendapat giliran pertama dalam jadwal verifikasi MTQ ke-39. “Paser mendapat giliran pertama untuk verifikasi. Mungkin, karena Paser dan PPU bertetangga, makanya didahulukan untuk verifikasinya,” katanya.
        Sebab itu lanjut Ardiansyah, kafilah Paser usai di lepas Bupati langsung menuju ke PPU. “Karena kita yang paling pertama verifikasi,  hari ini (Sabtu 13 Mei, Red) kafilah Paser langsung berangkat ke PPU,” sebutnya. (har-)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1232 detik dengan memori 0.95MB.