Berita:Hadiri Kick Off Program Canting Berkelanjutan, Bupati Memberikan Apresiasi Kepada Semua Pihak Yang Berperan dalam Penurunan Stunting

Siaran Pers

Tana Paser - Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang membantu dalam program penurunan stunting terutama kepada PT. Indika Energy, kepada Perangkat Daerah yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial serta Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana serta kepada Kepala Desa Janju. Ucapan terima kasih dan  apresiasi tersebut disampaikan Bupati Fahmi dalam sambutannya pada acara Kick Off Program Cegah dan Tangani (Canting) Berkelanjutan di halaman Gedung Awa Taka Berayak Desa Janju, Selasa ( 14/3/2023).

Pada saat yang sama Bupati Fahmi juga mengatakan bahwa permasalahan stunting merupakan salah satu permasalahan di Indonesia yang saat ini mendapatkan perhatian."Stunting merupakan salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia yang saat ini mendapatkan perhatian karena memiliki dampak serius dengan jangka waktu yang panjang dan stunting dapat mengakibatkan gangguan kehidupan dan perkembangan sel - sel neuron sehingga mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak dan berdampak pula pada perkembangan motorik dan verbal, peningkatan penyakit degeneratif, pesakitan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian," kata Bupati Fahmi.

Selain itu Bupati mengatakan bahwa Perpres No 72 Tahun 2021 merupakan payung hukum yang mengamanatkan 5 pilar yang harus dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan stunting.

"Berdasarkan data, Kabupaten Paser memiliki prevelensi stunting dari 23,6% menjadi 24,9% naik menjadi 1,3 poin dan posisi tersebut berada di atas stunting nasional maupun provinsi. Strategi yang dilakukan dalam rangka penurunan stunting yaitu melalui tim pendamping dengan melakukan pemeriksaan kepada pasangan yang baru menikah, ibu hamil dan pasangan yang akan menikah," ungkap Bupati.

Acara Kick Off Program Canting Berkelanjutan dirangkaikan dengan talk show, pembagian souvernir dan peninjauan Posyandu Melati Putih Desa Janju, setelah itu para tamu undangan dipersilahkan untuk menyantap hidangan yang telah disiapkan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, Forkopimda Paser, Komisaris PT Indika Energy Eko Putro Sandjojo, Wakil Direktur Utama dan CEO Group PT Indika Energy Azis Armand, Direktur PT Indika Energy Retina Rosabai, Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung Kurnia Ariawan, para Kepala Perangkat Daerah, Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid, Kades Janju Edi Karyadi serta para tamu undangan. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 4.7211 detik dengan memori 0.7MB.