Berita:Pemkab Paser Gelar Forum Konsultasi Publik Melalui Rancangan Awal RKPD Tahun 2025

Siaran Pers

TANA PASER - Pemerintah Kabupaten Paser melalui Bappedalitbang melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) Tahun 2025. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Kryad  Sadurengas,Selasa ( 6/2/2024 ) pagi.

Tujuan Forum Konsultasi Publik adalah kegiatan untuk mendapatkan masukan penting  yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan berita acara kesepakatan Forum Konsultasi Publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Paser Tahun 2025.


Pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Bappedalitbang Kabupaten Paser,Rusdian Noor,SE, M.Si  sesuai dengan pasal 80 ayat 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2017 tentang Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku kepentingan  dalam Forum Konsultasi Publik untuk memberi masukan, saran dan kesempurnaan.

" Berdasarkan capaian - capaian makro Tahun 2023,tahun ini menyusun peningkatan sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan untuk kabupaten yang sejahtera", terang Rusdian Noor.

Sementara itu pada 2025 akan disusun prioritas pembangunan, adapun empat prioritas yaitu :

Pertama peningkatan akses dan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan yang merata,peningkatan kualitas hidup anak,perempuan serta pemuda. Kedua penurunan kemiskinan melalui penguatan perlindungan dan jaminan sosial,peningkatan produktifitas dan daya saing ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal. Ketiga pemanfaatan tata kelola pemerintahan melalui penguatan reformasi dan birokrasi untuk mewujudkan kepuasan pelayanan publik.Dan keempat pemantapan kualitas insfratruktur yang berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan konektifitas untuk mengurangi kesedian antar wilayah dan ketangguhan terhadap bencana.


Pada momen yang sama Bupati Paser melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Adi Maulana,S.Sos.M.Si dalam sambutan Bupati mengatakan dari 6 (enam ) indikator makro ekonomi ,hanya pertumbuhan ekonomi yang mengalami trend fluktuatif dari tahun ke tahun, hal ini disebabkan ketergantungan pada sektor pertambangan dan penggalian yang cukup besar yaitu 76.37 persen Tahun 2022 dengan memberi kontribusi terhadap struktur PDRB Kabupaten Paser. 

" Melalui Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan menjadi media pembentukan komitmen semua stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan,penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan dalam tahapan penyusunan RKPD Kabupaten Paser Tahun 2025 " , jelas Adi.