Berita:Wabup Masitah: Pelabuhan Sebagai Pintu Mobilisasi Ekonomi

Siaran Pers

Tana Paser – Dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan,  TKBM atau Tenaga Kerja Bongkar Muat yang tergabung dalam Koperasi TKBM Sumber Karya Pelabuhan Tana Paser menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXX Tahun 2023 di Kryad Sadurengas Hotel, senin (20/3/2023).

Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf, SH berharap berharap pengurus dan anggota TKBM Sumber Karya dapat membantu pemerintah dengan menjadikan pelabuhan sebagai pintu mobilisasi ekonomi yang baik. Hal ini diutarakan mengingat fungsi pelabuhan adalah gerbang jalur distribusi hasil produksi dan pergerakan masyarakat, serta sebagai simpul dlan jaringan transportasi di peraiaran. “Kalau bongkar muat dipelabuhan mengalami kemacetan atau kendala tentu akan mempengaruhi ketersediaan dan harga barang di pasaran dan berdampak terjadi inflasi”, ujar Masitah.

Masitah pun berharap melalui RAT, Koperasi TKBM Sumber karya lebih profesional dan mampu mendukung program logistik ekosistem yang bergerak dibidang bongkar muat baik dipusat maupun Kabupaten Paser. Semakin banyak kapal yang bongkar muat dipelabuhan semakin banyak pula penghasilan koperasi sehingga dapat menyejahterakan anggotanya.

Ia pun memuji Koperasi TKBM yang berhasil menjadi koperasi percontohan  dan menjadi acuan bagi koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Paser. “Koperasi TKBM adalah koperasi percontohan dan menjadi acuan koperasi lain. Selain itu, TKBM Sumber Karya  sudah berhasil mengangkat nama Kabupaten Paser atas prestasinya secara nasional. Putra Daerah dari Paser M Nasir terpilih menjadi Ketua Umum Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan”, ujar Masitah bangga.

Kebanggaan lainnya, TKBM sumber karya adalah Koperasi TKBM di Indonesia yang pertama melaksanakan pendidikan dan pelatihan sertifikasi kompetensi kepada 103 operator crane dan rigger.

Masitah yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Kaltim ini berharap TKBM yang beranggotakan 599 orang dapat  menambah keanggotaan dan nantinya mampu membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Paser.

Sebelum menutup sambutannya, Masitah menyampaikan sebuah pepatah Bugis. “Ada satu pepatah Bugis yang patut kita berikan pada Pak Muhammad Nasir, karena selama ini sudah mampu melaksanakan kewajibannya mengayomi  serta melindungi anggotanya. Yaitu Aju Malurumi Riala Parrewa Bola. Yang artinya, hanya kayu yang lurus yang bisa dijadikan rumah atau tempat berteduh. Hanya pemimpin yang lurus yang bisa mengayomi anggotanya”, pungkasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM  Hairul Saleh, Kadis Perindagkop Chairul Saleh, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Madju P Simangunsong, yang mewakili Dandim 0904/Psr, yang mewakili Kapolres Paser, Kepala KUPP Kelas II Tana Paser Kapten Aditya Karya,  dan Ketua Koperasi TKBM  Sumber Karya Pelabuhan Tana Paser sekaligus Ketua Umum IKOP TKBM Pelabuhan Seluruh Indonesia Muhammad Nasir. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 1.8829 detik dengan memori 0.69MB.