Berita:Otonomi Daerah Memperkuat Daerah Dalam Pembangunan

Siaran Pers

Tana Paser - Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya menjadi Pembina Upacara pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 di Halaman Pemkab Paser, sabtu (29/4/2023).

Dalam kesempatan yang sama Sekda Katsul Wijaya mengatakan bahwa hal ini mengingatkan kita terkait pemberian kewenangan Pemerintah Pusat Kepada Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Paser. "Pemberian otonomi oleh Pemerintah pusat pada tahun 1996,  untuk memperkuat daerah-daerah dalam hal melaksanakan kegiatan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan," ungkap Sekda Katsul Wijaya.

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah diikuti oleh para Staf Ahli, para Asisten dan pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser. Adapun tema peringatan tersebut yaitu "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul."  

Sekda Katsul juga mengatakan dengan adanya otonomi daerah perubahan daerah terlihat jelas ,khususnya peningkatan pendapatan asli daerah, "karena ada kewenangan-kewenangan yang diserahkan seperti dalam hal beberapa sumber pendapatan asli desa yang dapat dikelola dan  dilaksanakan,terbukti dari tahun ke tahun pendapan asli daerah Kabupaten Paser meningkat,"tambahnya.

Sekda berharap ke depan  dengan momentum ini Pemerintah Kabupaten Paser bisa lebih giat lagi, lebih kuat lagi, dan mendapat dukungan dari seluruh ASN dalam rangka mengisi dan melaksanakan terkait dengan otonomi daerah. "Di daerah tentu juga punya keterbatasan-keterbatasan meskipun di sisi lain Pendapatan Asli Daerah meningkat tetapi dengan beberapa kewenangan yang diberikan ini masih perlu dukungan terutama dukungan penganggaran dari Pemerintah Pusat," kata Sekda.

"Mudah-mudahan ke depan Kabupaten Paser dengan pemberian dana dari Pemerintah Pusat dan penggalian potensi dana Pendapatan Asli Daerah program program kegiatan terutama Program Paser MAS (Maju, Adil, dan Sejahtera) ini dapat direalisasikan serta dapat tercapai target Pemerintah Daerah," tutupnya. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.6346 detik dengan memori 0.69MB.