Berita:Jelang Tes PPPK, Sekda Minta Kepala PD Bekali para Staf

Siaran Pers

TANA PASER – Untuk mempersiapkan diri para tenaga honorer di tiap instansi Pemerintah Kabupaten Paser agar bisa bersaing dan lulus pada tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya memberikan pesan kepada kepala instansi untuk memberikan pelatihan dan pengayaan kepada para pegawai di jajarannya.

Hal ini disampaikan Sekda saat memimpin rapat persiapan Tes PPPK yang berlangsung di ruang pertemuan BKAD, Selasa (11/6/24). Menurut Sekda, jika merujuk pada pelaksanaan kegiatan yang sama pada 2023, kegagalan sebagian besar para honorer untuk lulus karena banyak yang tidak familiar dengan alat tes, terutama dengan penguasaan piranti media pelaksanaan seleksi yakni kemampuan menggunakan komputer.

Oleh karenanya Sekda meminta agar ada pelatihan keterampilan yang dilakukan masing-masing Perangkat Daerah, minimal membekali para staf dalam menggunakan komputer. Di samping tentu saja, masing-masing pegawai harus mempersiapkan diri mempelajari dan mengenali dengan baik soal-soal ujian.

Hal lain yang disampaikan Sekda adalah persiapan untuk pelaksanaan tes oleh Panitia Seleksi Kabupaten Paser. Semua sarana pendukung harus sudah siap digunakan menjelang pelaksanaan tes. Termasuk ruang CAT (Computer Assisted Test), jaringan internet, listrik yang stabil.

Sementara itu Kepala BKPSDM Suwito mengatakan yang tak kalah penting kelancaran dan keamanan selama pelaksanaan Seleksi termasuk Tim Kesehatan dan Ketersediaan kantung Parkir yang memadai. “Juga yang tidak kalah penting yakni sarana toilet dan pendingin ruangan, tempat khusus bagi peserta disabilitas, juga ruang laktasi,"jelas Suwito.


Beberapa hari sebelumnya, Asisten Administrasi Umum Murhariyanto selaku ketua Panitia Seleksi Daerah Kabupaten Paser menyampaikan bahwa kondisi ruangan dan segala sarana prasarana sudah siap. Saat ini panitia di Pemkab Paser tinggal menunggu jadwal dari Pemerintah Pusat. “Kapanpun tes dilaksanakan, maka kita sudah siap,” kata Murhariyanto.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menyebutkan bahwa ruangan yang ada cukup memadai dan test bisa dilaksanakan sampai 3 sesi dalam satu hari.

Sebagai informasi Instansi Pemerintah Kabupaten Paser mengusulkan formasi sebanyak 3.408 formasi PPPK dan 280 formasi CPNS untuk selanjutnya menunggu arahan serta persetujuan MenPAN-RB untuk penetapannya. Kemudian dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan simulasi Seleksi CAT bagi Non ASN yang belum mahir menggunakan komputer, oleh sebab itu diharapkan kepada perangkat daerah untuk mengidentifikasi Non ASN yang perlu diberi bimbingan teknis terkait metode CAT BKN. Saat ini telah terpasang  150 unit PC yang akan digunakan oleh peserta seleksi pada setiap sesi ujian.


Kemudian diinformasikan pula bahwa Instansi Pemerintah Kabupaten Paser mengapresiasi bantuan dari pihak manapun guna mensukseskan kegiatan seleksi P3K, salah satunya bantuan dari Bankaltimtara dalam memenuhi kegiatan operasional seleksi yaitu bantuan WC portable. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 4.3864 detik dengan memori 2.32MB.