Berita:Bupati Dan Ketua TP PKK Paser Terima Penghargaan MKK Dari BKKBN RI

Siaran Pers

SEMARANG- Bupati Paser dr. Fahmi Fadli Bersama Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Paser Sinta Rosma Yenti. Menerima penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo. Semarang, Jumat (28/6/2024) Malam.


Penyerahan penghargaan tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan oleh BKKBN pusat, dengan Kategori Manggala Karya Kencana (MKK).


Atas penerimaan penghargaan tersebut, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, melalui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Paser, Amir Faisol menyampaikan, Penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga.


"Jajaran Pemerintah Kabupaten Paser selalu memberikan perhatian yang besar mengenai pentingnya edukasi Keluarga Berencana untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Paser. Penghargaan ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Paser terhadap peningkatan program Keluarga Berencana,", kata Amir Faisol.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Paser dalam.mendukung program BKKBN tersebut, telah diwujudkan dalam Empat Indikator. Yakni, Kebijakan Pemerintah Kabupaten Paser dalam mendukung pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana di Lingkungan Kabupaten Paser.


"Pemerintah Kabupaten Paser melalui Bupati Paser telah menerbitkan Instruksi Bupati Paser yang ditujukan pada seluruh Pemerintahan Desa untuk membentuk kampung KB," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Paser bersama TP PKK telah mendorong berbagai inovasi untuk mendukung perkembangan kependudukan dan Keluarga Berencana di lingkungan Kabupaten Paser. Salah satunya Sidang Itsbat yang telah dilaksanakan di lingkungan kecamatan.

"Sidang Itsbat menjadi salah satu kegiatan inovasi Pemerintah Kabupaten Paser untuk mendukung perkembangan kependudukan dan Keluarga Berencana," terangnya.

Selanjutnya, berkaitan dengan kebutuhan anggaran. Pemerintah Kabupaten Paser telah mengajukan anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paser.

"Sudah tersedia anggaran dari Pemerintah Kabupaten Paser yang digunakan untuk mendukung perkembangan kependudukan dan Keluarga Berencana," ungkapnya.

Keempat, yakni Capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Paser pada tingkat pembangunan kependudukan di Kabupaten Paser. Salah satunya tingkat Partisipasi Keluarga Berencana di Kabupaten Paser diatas 70 Persen. Capaian tersebut lebih tinggi dari Capaian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"79 persen Pemuda di Kabupaten Paser yang telah menikah, secara sadar telah mengikuti program KB," ungkapnya.


Dengan adanya penghargaan tersebut, ia berharap dapat memberikan Motivasi baik pada Pemerintah Kabupaten Paser maupun Masyarakat Kabupaten Paser.

"Semoga saja ini menjadi motivasi bersama untuk meningkatkan pembangunan Kependudukan di Kabupaten Paser," pungkasnya. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.2692 detik dengan memori 4.9MB.