Berita:Pemenuhan Pangan Berpengaruh Pada Kualitas SDM

Siaran Pers

Tana Paser - Pemenuhan pangan berpengaruh dengan kualitas SDM, sehingga pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing di Kabupaten Paser. Dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari yang beraneka ragam kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh keunggulan susunan zat gizi jenis makanan lain sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang. Oleh karena itu pola konsumsi pangan merupakan perilaku penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi yang hadir mewakili Bupati Paser pada Festival Pangan Lokal 2023 di gedung Awa Mangkuru, Kamis (27/7/23). 

"Penganekaragaman pangan menjadi sangat penting dan bisa jadi, juga menjadi salah satu edukasi dan solusi pengentasan stunting," kata Romif dalam sambutan Bupati yang dibacakannya. "Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kualitas SDM ditentukan oleh sebagian besar aspek lingkungan termasuk salah satunya pengaruh konsumsi pangan sebesar 70 persen, dan sisanya 30 persen oleh faktor genetik," tambahnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar mind set para masyarakat berubah dari "belum makan kalau belum makan nasi”, dapat diubah dengan konsumsi B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) yang memanfaatkan pangan lokal meningkat dan diterapkan pada konsumsi sehari-hari. "Selain itu juga mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi gizi seimbang. Disamping untuk memberikan nilai ekonomi dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan," terangnya di akhir Sambutan Bupati yang dibacakannya. Acara dirangkaikan dengan pengumuman  Pemenang Lomba Festival Pangan Lokal  2023. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.4429 detik dengan memori 0.69MB.