Berita:Paser Ikuti Pertemuan Tahunan,South - South Knowledge Exchange

Siaran Pers

BALIKPAPAN - Bupati Paser melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Adi Maulana.,S.Sos, M.Si dan didampingi  Kabag Sumber Daya Alam Sekretariat Kabupaten Paser Amri Yuliardi, S.STP, M.M mengikuti pertemuan South - South Knowledge Exchange atau pertukaran pengetahuan selatan antar negara, turut berpartisipasi dalam forum diskusi 3 negara seperti Indonesia,Brazil dan Democratic Republik of the Congo, dimana kegiatan ini difasilitasi oleh Bank Dunia dan berlangsung di Platinum Hotel ,Senin ( 27/5/2024 ) pagi.


South - South Knowledge Exchange merupakan suatu kegiatan pertukaran pengetahuan oleh negara - negara yang berkembang atau bisa juga sebagai negara - negara selatan global.

Kegiatan ini dihadiri Pj.Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik sekaligus memberikan paparan. 

Dalam paparannya ia menjelaskan kebijakan Kalimantan Timur merupakan sebuah keterbaruan dari Pemerintah Indonesia yang dapat diikuti oleh negara - negara lainnya dalam rangka menjaga kelestarian hutan dan mengatasi perubahan iklim.

Pembahasan diskusi pada kegiatan tersebut mengenai penurunan emisi karbon dari deforestasi  dan degradasi hutan di masing - masing negara.


Dikutip dari diskusi tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur belajar dari pengalaman Pemerintah Brazil dan Congo dalam implementasi penurunan emisi yang bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan negara khususnya wilayah Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan yang sama saat dikonfirmasi Adi Maulana  menambahkan Kaltim sendiri merupakan provinsi yang pertama di Indonesia yang  berhasil melaksanakan program penurunan emisi karbon rumah kaca , " Kaltim merupakan provinsi pertama yang berhasil menurunkan emisi karbon rumah kaca, hal tersebut disampaikan ketika pelaksanaan Rakor Forest Carbon Partnership Facility Carob Fun  (FCPF - CF ) di Samarinda  Tahun 2023 yang lalu",ungkap Adi saat diwawancara.

"Saya berharap dengan adanya diskusi ini kita mendapat ilmu dan pengalaman dan belajar dari negara - negara yang dibagikan oleh negara Brazil dan Congo dan semoga dapat bermanfaat bagi  Provinsi Kaltim dan tentunya Kabupaten Paser sendiri dalam menurunkan emisi karbon", pungkas Adi Maulana.


Turut hadir para delegasi negara - negara selatan global,World Bank ,Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,Kepala Daerah, Kepala Bappeda Provinsi Jambi dan instansi terkait. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2286 detik dengan memori 3.31MB.