Berita:Akselerasi Stabilisasi Harga Jelang Ramadan, Pemkab Paser Ikuti Rakornas Bapanas

Siaran Pers

TANA PASER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser turut mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pangan Nasional (Bapanas) dengan pembahasan akselerasi stabilisasi harga pangan menjelang ramadan 1445 Hijriah. Agenda yang dilaksanakan secara daring, berlangsung di Ruang Rapat Sadurengas, Senin (4/3/2024).

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi menjelaskan situasi tahun ini  dikhawatirkan terjadinya lonjakan harga pada bulan Ramadan yang berujung terjadinya inflasi.

“Bahwa saat ini situasi global, perubahan iklim, lonjakan harga energi, dan lonjakan harga pangan menjadi challenge terbesar kita, dan sampai hari ini belum ada kepastian, sehingga inflasi menjadi salah satu tantangan utama bagi kita semua,”kata Arief dalam sambutannya.

Disebutkannya, menurut Badan Pusat Statitsik (BPS), inflasi nasional per Februari 2024 mencapai 2,75%, dengan kontribusi terbesar dari beras yakni 0,67%. Dengan demikian perlu adanya dukungan dan kerjasama seluruh Kepala Daerah, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan 3 langkah.3 Langkah itu, yakni gerakan pangan murah, saling bersinergi dengan tim pengendali inflasi daerah (TPID) dan pemantauan harga secara langsung.




“Pemantauan harga bisa dilakukan di pasar induk, pasar tradisional, dan juga pasar ritel modern,” pungkasnya.

Rakornas yang dilaksanakan secara daring ini diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Drs. Katsul  Wijaya, M.Si mewakili Bupati Paser, yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Paser Adi Maulana, S.Sos, M.Si, perwakilan dari Forkopimda,  Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Ina Rosana, S.Pi, M.M, Kepala Diskominfostaper Drs. Arief Rahman, M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Taharuddin, Kepala Dinas Perhubungan Inayatullah, S.T, M.T, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs. Chandra Irwanadhi, M.Si, Plt Kepala Bappedalitbang Rusdian Noor, Kepala Bagian Perekonomian  SetdaKab Paser Paulus Margita S.Sos serta perangkat daerah terkait. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 1.9427 detik dengan memori 3.62MB.