Berita:Pokja Bunda Literasi Perkuat Gerakan Literasi, Menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)

Siaran Pers

Pengukuhan  pengurus Pokja Bunda Literasi Kabupaten Paser  yang diketuai oleh Dr. Kasrani, M.Pd dilakukan di Hotel Kryad Sadurangas, (23/11/2022). Pengukuhan tersebut dihadiri   Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Romif Erwinadi, M.Si mewakili Bupati Paser, Bunda Literasi Kabupaten Paser Sinta Fahmi Fadli S.Ap,  Kepala OPD, Kemenag, Ketua  Organisasi, Komunitas Literasi, K3S, MKKS SMP/MTs, MKKS SMA/SMK, MKKS MA dan Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK, MKKS MA dan Kepala Sekolah SD/Mi/SMP/MTs/SMA/SMK/MA, dunia usaha dan media  di Kabupaten Paser. 

Dalam kesempatan yang sama Bunda Literasi Kabupaten Paser, Sinta Fahmi Fadli mengatakan bahwa melalui kesempatan ini,  mengajak semua stakehoder terkait baik pemerintah, swasta, organisasi, media  dan masyarakat baik di Kabupaten, Kecamatan dan Desa, untuk turut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan minat baca  Literasi anak sekolah, juga minat berliterasi masyarakat luas. Pokja Bunda Literasi, diharapkan mampu mengembangkan kemampuan  masyarakat sampai ke desa-desa,  Terutama dalam menggali sumber daya yang ada di desa, mengelolanya berdasarkan sumber referensi yang berupa literatur cetak maupun berbasis teknologi informasi menjadi bahan bernilai ekonomi, mengemas dengan menarik, hingga memasarkan produk melalui pemanfaatan media digital. “Dengan demikian, manfaat literasi dapat dirasakan, seiring dampaknya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Shinta. 

Sinta Fahmi Fadli juga menjelaskan bahwa saat ini Indonesia dihadapkan pada persoalan rendahnya tingkat literasi anak bangsa, sementara tingkat persaingan di tingkat global semakin meningkat. Bangsa yang bertahan dan maju bukan bangsa yang memiliki aset atau sumber daya alam yang banyak lagi, tetapi adalah bangsa yang dapat mengelola aset dan memiliki sumber daya manusia yang unggul. ”Saatnya kita harus bisa  menciptakan manusia-manusia unggul dari bangsa ini adalah sebuah keharusan. Bangsa ini butuh generasi yang pandai, kritis, kreatif, inovatif, berdaya juang dan berdaya saing tinggi serta punya kemampuan beradaptasi dan fleksibel dalam menghadapi segala rintangan dan tantangan kehidupan, tentu ini sejalan dengan visi Bupati Paser, menciptakan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)”, kata Sinta.

Sementara itu dalam Sambutan Bupati  yang dibacakan Asisten Kesra Romif Erwinadi, bahwa Bupati  berharap  agar pengurus Pokja Bunda Literasi yang dilantik mampu berkerjasama dalam mendorong pengingkatan budaya literasi di Kabupaten Paser, dengan menyiapkan program-program untuk peningkatan literasi sekolah maupun masyarakat.“Harapan saya pengurus ini akan membantu betul bagaimana pengembangan membudayakan membaca dan juga tentu menjadi figur orang-orang yang dipercaya bisa mengembangkan atau memperlihatkan kemampuannya,” kata Romif. 

Ketua Pokja Bunda Literasi Kasrani menyampaikan terima kasih atas motivasi dan dukungannya. “Kami  berharap dengan hadirnya pengurus Pokja Bunda Literasi ini akan semakin banyak orang yang mau membaca, baik melalui buku di Perpustakaan ataupun melalui sistem yang ada, termasuk mendorong orang Paser  untuk mau menulis,” ujarnya. “Kita harus mampu membuat inovasi-inovasi dan kreatifitas baru untuk tetap berkarya, Semoga pengurus Pokja Bunda Literasi kirannya berkenan membantu mendukung dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat dengan memberikan motivasi dan inspirasi untuk giat membaca dan menulis, mari kita bergandengan tangan untuk meningkatkan budaya baca.;” tambahnya  (Humas).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1595 detik dengan memori 0.95MB.