Berita:Peserta Pawai Malam Takbiran Hanya Kendaraan Roda Empat dan Dilombakan

Siaran Pers

Tana Paser - Dalam rangka meramaikan malam takbiran tahun ini, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menggelar rapat membahas agenda kegiatan tersebut. Mewakili Sekda yang sekaligus Ketua PHBI, rapat dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir. H. Romif Erwinadi, M.Si di Ruang Rapat Sekda, Selasa (selasa, 19/3/24). “Pawai takbiran tahun ini harus lebih meriah dan tertib”, harap Romif.

Pada rapat tersebut atas usulan dari Polres diwakili Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Toni Joko Purnomo, SH bahwa kendaraan roda empat saja yang ikut pawai takbiran dengan alasan keamanan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas. “Hanya kendaraan roda empat atau mobil saja, sepeda motor tidak diizinkan”, ujarnya. Kasad Lantas pun mengusulkan agar Pawai dilombakan sehingga bisa lebih meriah lagi. Ia juga meminta agar musik saat pawai dapat disesuaikan dan relijius. “Jangan ada musik triping”, pintanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Drs. H. Nasrudin dan Wakil Ketua II Muhammad Khalik juga berharap pawai takbiran kali ini berlangsung ramai namun khidmat.

Atas saran dan usulan tersebut, peserta rapat pun menyepakati bahwa tahun ini, peserta pawai kendaraan roda empat saja dan dilombakan.

Selanjutnya untuk penentuan rute akan dibuat tiga opsi tergantung banyaknya peserta pawai, rute panjang, sedang dan pendek. “Kita akan bersurat untuk mengundang para peserta pawai takbiran. Jika banyak yang berminat maka rute akan dipanjangkan. Dan kemeriahan ini diusahakan bisa terasa oleh masyarakat yaitu tidak hanya melewati jalan besar atau protokol saja”, tukas Romif seraya meminta Panitia agar segera membuat surat. Terkait penentuan rute, tim akan melakukan simulasi perhitungan waktu dan jarak tempuh.



Selanjutnya dibahas pula terkait pelaksanaan salat ied Idul Fitri 1445 hijriah  yang akan digelar ditiga titik yaitu halaman kantor Bupati, arena MTQ Putri Petung dan Masjid Nurul Falah. Menariknya, untuk di halaman Kantor Bupati Paser yang menjadi khatib Khotib Salat Idul Fitri H. Hasan Basri, LC. MA adalah Dosen dari Universitas Lampung yang merupakan warga Kabupaten Paser. Dan direncanakan imam Ustadz As'ad dengan bilal Ustadz Soleh.

Romif pun menutup rapat seraya meminta mendekati hari H akan digelar rapat pemantapan. Turut hadir yang mewakili Dinas Perhubungan, Satuan Pamong Praja, Bagian Kesra, Bagian Umum dan Bagian Protokol (Prokopim).



Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2395 detik dengan memori 1.84MB.