Berita:Pemkab Paser Laksanakan Malam Takbiran, Pertama Pasca Covid

Siaran Pers

Tana Paser – Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, malam takbiran akan kembali dilaksanakan di Tana Paser. Bupati Paser dr Fahmi Fadli ingin menghadirkan kembali suasana Islami melalui pawai di malam takbiran idul adha, yang melibatkan seluruh komponen dan elemen masyarakat.

Menindaklanjuti perintah Bupati ini, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang diketuai Sekda Katsul Wijaya melaksanakan rapat persiapan, Rabu (6/7) di Ruang Rapat Sadurangas. Rapat ini dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadhi didampingi Kepala Bagian Kesra Kurniawan.

Dari hasil rapat diketahui, bahwa pawai malam takbiran akan dilaksanakan pada Sabtu (9/7) malam. Peserta pawai adalah Perangkat Daerah, organisasi kemasyarakan, pengurus masjid dan kalangan umum.

Adapun start dan finish ditentukan di pintu masuk utama Kantor Bupati Paser, Jl. RM Noto Sunardi. “Untuk rutenya masih dalam koordinasi, karena harus melibatkan pihak keamanan seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan,” jelas Romif, yang dalam kepengurusan PHBI selaku ketua I.

Meski demikian di rapat muncul beberapa opsi terkait rute. Yaitu Jalan RM Noto Sunardi – Sultan Iskandar Muda – belok kanan ke Sultan Hasanuddin – Kandilo Bahari – Yos Sudarso – MT Haryono – Untung Suropati – Jenderal Ahmad Yani – Kapten Pierre Tendean – Pangeran Menteri – Jenderal Sudirman – Noto Sunardi.

Jika ingin lebih jauh, maka dari Jalan Pierre Tendean terus ke DI Panjaitan – Kusuma Bangsa – Jenderal Sudirman. Atau lebih jauh lagi, dari DI Panjaitan belok kanan ke Jalan Andi Zen Assegaf, Jalan Pelopor, lalu belok kiri di simpang 4 SPBU dan TPA kilometer 6 Desa Janju masuk ke Jalan Kusuma Bangsa.

Untuk diketahui Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan hari raya idul adha tahun 2022 ini jatuh pada Ahad (10/7), sehingga malam takbiran dilaksanakan pada Sabtu malam. Adapun organisasi Muhammadiyah yang akan melaksanakan salat idul adha pada Sabtu (9/7) tetap akan mengikuti malam takbiran bersama seluruh masyarakat. 

“Akan ada malam takbiran pada Jumat (8/7) malam namun untuk kalangan terbatas, yaitu hanya di masjid Syuhada,” jelas Amininsyah Har. Dia hadir bersama Yaser Rahman  dan sejumlah pengurus PD Muhammadiyah yang tergabung dalam PHBI. Kepengurusan PHBI periode 2022-2026 memang mengakomodir organisasi NU dan Muhammadiyah secara proporsional, bersama dengan unsur Pemerintah Kabupaten Paser dan unsur lainnya. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.1519 detik dengan memori 0.69MB.