Berita:TPID Gelar Pangan Murah Sekaligus Serahkan Bantuan Pangan 10 Kecamatan

Siaran Pers

Tana Paser - Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tinggal menghitung hari. Pemerintah Kabupaten Paser melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pun bergerak mengantisipasi inflasi dengan menggelar Pangan Murah pada 15-16 April 2023 di Arena MTQ Putri Petung.

Seperti yang disampaikan Bupati Paser dr Fahmi Fadli bahwa dua waktu yang rawan terjadi inflasi yaitu setiap memasuki bulan suci Ramadhan hingga menjelang lebaran Idul Fitri, serta akhir tahun hingga awal tahun baru. Pada kedua waktu itu sering terjadi inflasi dimana harga barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang diakibatkan oleh tingginya permintaan konsumen di pasaran yang tidak diimbangi oleh ketersediaan barang.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, TPID bekerja sama dengan berbagai pihak menggelar pasar murah selama dua hari. Diharapkan kehadiran pasar murah ini dapat mengurangi beban masyarakat.

Mewakili Bupati Paser, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Drs Katsul Wijaya, M.Si membuka gelaran tersebut yang sekaligus penyerahan bantuan pangan bagi 10 Kecamatan di Kabupaten Paser. Bantuan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat yaitu Badan  Pangan Nasional Republik Indonesia dan Badan Urusan Logistik Nasional.

Penerima bantuan pangan dalam bentuk paket sembako diwakili oleh masing-masing Camat. Adapun jumlah keluarga penerima manfaat yaitu untuk Kecamatan Tanah Grogot sebanyak 2.041 keluarga.  Kecamatan Pasir Belengkong 1.732 keluarga.  Kecamatan Batu Engau 1.148 keluarga. Kecamatan Tanjung Harapan 1.302 keluarga.

Kemudian Kecamatan Muara Komam 778 keluarga, Kecamatan Long Kali 2.372, Kecamatan Long Ikis 2.182, kecamatan Batu Sopang 383,  Kecamatan Muara Samu 204,  dan terakhir kecamatan Kuaro sebanyak 1.103 keluarga. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu yang mewakili Unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Hj. Afra Naheta, ST,M.M,  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, S.Sos, M.Si, Asisten Administrasi Umum Murhariyanto, S.Sos, para Kepala Perangkat Daerah dan Para Camat serta Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Ratna Wardaningsih.

Sementara kegiatan berlangsung, terlihat antusias masyarakat yang datang dan berbelanja penuh sesak di stand-stand berbagai kebutuhan pangan. Bahkan belum dibuka resmi, beberapa stand stok sudah habis terbeli.

Diacara Pangan Murah ini tersedia beras premium dan medium, minyak curah, gula pasir, buah, ikan segar, daging segar, daging frozen, olahan ikan, dan aneka UMKM yang pastinya harganya lebih murah dibanding dengan harga di pasaran.  

Untuk diketahui, disudut area tersebut juga dihadirkan langsung truk tangki minyak goreng curah dengan harga Rp14ribu/liter. Masyarakat disilakan beli dengan membawa  kemasan sendiri sesuai dengan keperluan.(Prokopim).


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.1266 detik dengan memori 0.7MB.