Berita:Pemkab Paser Dukung Penuh Kerjasama Pada Pembangunan Pertanian se Kalimantan Timur

Siaran Pers

BALIKPAPAN- Bupati Paser melalui Sekretaris Daerah  (Sekda) Kabupaten Paser,Drs.Katsul Wijaya M.Si dengan didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan,Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Perjanjian Kerja Sama ( PKS ) antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur,Kabupaten / Kota Se - Kalimantan Timur dengan Polda Kaltim serta Polres Se - Kalimantan Timur yang dilaksanakan Swissbel-bell Hotel Balikpapan,kamis ( 29/8/24 ) pagi.


Penandatanganan kerja sama yang dihadiri Pj.Gubernur Kaltim,Akmal Malik,Kapolda Kaltim,Bupati / Walikota Se- Kaltim,Jajaran Polda Kaltim dan Polres Se- Kaltim,Kepala Perangkat Daerah Se- Kaltim dan Instansi terkait.

Dalam Sambutan Kapolda Kaltim,Irjend Pol.Drs.Nanang Avianto.,M.Si menyampaikan bahwa  Ketahanan pangan sangat terkait erat dengan tekanan sosial stabilitas,masalah yang kerap muncul terkait ketahanan pangan adalah dari produksi karena terjadi ketimpangan antara permintaan dan kebutuhan berakibat adanya kebijakan impor,di salah satu sisi memang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selain itu kondisi ini tidak menutup kondisi geografis dunia yang tidak stabil menyebabkan kelangkaan dan melonjaknya harga komoditas pangan di berbagai daerah.


" Hal ini Tentunya menjadi salah satu tantangan untuk mencapai ketahanan pangan di masa yang akan datang" ucapnya. Sesuai Arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Bapak Kapolri untuk memberikan instruksi kepada jajaran Polda bahwa jangan ada masalah hukum yang terjadi, karena yang paling utama dalam menjaga dan meningkatkan produksi pangan dalam negeri. 


Sementara dalam sambutan Pj.Gubernur Kaltim,Akmal Malik,"apa yang disampaikan Bapak Kapolda Kaltim bahwa kondisi  pangan dunia kita sekarang tidak sedang baik - baik saja", ungkapnya.

Tentunya ini menjadi perhatian khusus di bidang pembangunan pertanian di wilayah kalimantan timur,dimana kalimantan timur mempunyai tanah yang sangat subur dan ini bisa juga memanfaatkan lahan tidur,seperti pasca tambang yang bisa digunakan untuk menanam berbagai kebutuhan pangan dengan berkaloborasi dengan ternak sapi yang sesuai dengan kondisi yang ada didaerahnya.

"Saya berharap masing-masing daerah bisa langsung melaksanakan program pemanfaatan lahan - lahan yang kosong dengan melibatkan sesuai dengan apa yang kita lakukan pada Penandatanganan Kerja Sama (PKS )pada pertemuan hari ini",tambahnya.


" Kolaborasi dengan Kepolisian Polda Kaltim dan jajaran Polres Kabupaten/ kota memberikan dampak cukup signifikan dalam pendampingan dan pembinaan para petani untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas  hasil pertanian.Kami sangat berterimakasih atas dukungan dari Polri", jelasnya.

Saat diminta keterangannya, Sekda Katsul Wijaya menyampaikan sangat mendukung penuh kerja sama pada pembangunan pertanian khususnya ketahanan pangan yang ada di wilayah kabupaten paser.

" Ini sangat membantu dengan adanya kerja sama antara Pemerintah Daerah provinsi kalimantan timur,Kabupaten/kota dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Timur ini bisa bersinergisitas dalam kerja sama terkait ketahanan pangan yang ada di wilayah Kalimantan Timur" terangnya.

'" Melalui kerja sama ini ,kami berharap dapat berkontribusi dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan di indonesia. Setelah ini, kami akan melaporkan kepada Bupati Paser dan berkoordinasi dengan Dinas terkait dan Kepolisian Resort Paser tentang apa yang disampaikan oleh Pj.Gubernur tadi" kata Sekda Katsul Wijaya. ( Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.6821 detik dengan memori 3.33MB.