Berita:Paser Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kedua Kalinya

Siaran Pers

TANA PASER – Kabupaten Paser menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA), Amir Faisol S.KM., M.Kes beberapa waktu lalu mewakili Bupati Paser. Melalui kesempatan bersilahturahmi di Ruang Kerja Bupati Paser, Amir Faisol menyerahkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya  kepada Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, Rabu, (19/06/2024).


Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya atau yang disingkat APE adalah Penghargaan yang diberikan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada daerah yang berkomitmen terhadap program pemberdayaan perempuan dan pengarustama gender. Penghargaan tersebut dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dengan evaluasi dilakukan setiap tahun dan penilaian dilaksanakan 2 tahun sekali. Ada 4 katagori Penghargaan Anugerah Parahiya Ekapraya yaitu Katagori Pratama, Madya, Utama dan Mentor.  Sebagai informasi Kabupaten Paser sudah yang kedua kalinya menerima penghargaan APE yaitu pertama pada  Tahun 2021 dan kedua pada Tahun 2023, keduanya dengan Katagori Pratama. Beberapa aspek penilaian yang harus dipenuhi agar mendapatkan Penghargaan APE  diantaranya yaitu kebijakan dan program yang mendukung, kemudian dukungan anggaran, dukungan lintas sektor dan ketersedian sumber daya manusia.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan pencapaian dari DPPKBPPPA, "terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak Amir Faisol beserta staf yang telah memberikan kontribusinya dalam pemberdayaan perempuan hingga mendapatkan penghargaan yang kedua kalinya",ungkap Bupati.

Bupati juga berharap  penghargaan ini menjadi penyemangat agar bisa meningkat lagi, "Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya. Harapan Saya tahun berikutnya bisa menjadi Madya. Semoga dengan adanya penghargaan ini pak Amir beserta staf akan lebih semangat lagi", lanjut Bupati.

Bupati juga siap mendukung penuh kegiatan yang dilakukan DPPKBPPPA "Jika ada hal-hal yang berkaitan dengan anggaran bisa berkoordinasi dengan Kami, karena Kami akan memberikan support pada kegiatan-kegiatan yang membangun untuk kemajuan Paser,” terangnya.


Selain itu, Amir Faisol menyampaikan Penghargaan Manggala Karya Kencana  akan diterima Bupati Paser bersama ibu Shinta Fahmi Fadli dan Penghargaan penurunan Stunting dalam acara Hari Keluarga Nasional (HARGANAS). Dimana persentase stunting di Kabupaten Paser saat ini sudah mengalami penurunan sebanyak 2,5 %. Saat ini angka stunting di Kabupaten Paser sebesar 22,4 persen. Ia juga meminta waktu kepada Bupati  untuk melakukan pertemuan dengan perangkat daerah  lain dalam Program Pemberdayaan Perempuan karena setiap perangkat daerah memiliki porsinya untuk melakukan atau mengelola Kegiatan Pemberdayaan Perempuan.(Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.6787 detik dengan memori 5.43MB.