Berita:Paser Dapat Mobil Pusling, Bupati Fahmi Komitmen Dukung Peningkatan Literasi Desa

Siaran Pers

JAKARTA - Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menghadiri undangan Pencanangan ‘Gerakan Literasi Desa’ sebagai puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ke-44 dan Peringatan Hari Buku Nasional 2024, giat berlangsung di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta Pusat, Jum'at (17/5/ 2024).

Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang gemar membaca dan berliterasi tinggi. Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Kementerian Dalam Negeri melalui ‘Gerakan Literasi Desa. 


Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan penguatan kegemaran membaca dan literasi menjadi Gerakan Nasional yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, sehingga dampaknya signifikan secara nasional.

Pencanangan Gerakan Literasi Desa dihadiri oleh Wakil Presiden  Ma'ruf Amin. Pada momen yang sama, Kabupaten Paser menerima penyerahan secara simbolis bantuan mobil Perpustakaan Keliling Tahun 2024. Hanya 10 daerah di Indonesia yang mana Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota  ditetapkan sebagai penerima bantuan motor perpustakaan keliling 2024, dan Paser termasuk satu-satunya  di Kaltim. 


Bupati Paser dr. Fahmi Fadli didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser,  Yusuf Sumako S.H, M.Hum, dalam kesempatan tersebut  menyampaikan dukungan penuh terhadap program literasi di daerah, termasuk membangun perpustakaan di desa. 

"Sudah jelas ada mandatorinya, Pemerintah Daerah pasti berkomitmen meningkatkan literasi di daerah," kata Bupati Fahmi. 

Kadis Perpy dan Kearsipan Yusuf Sumako menambahkan Paser termasuk daerah beruntung yang dipanggil khusus dalam momen ini, artinya Paser merupakan daerah yang diistimewakan oleh Perpustakaan Nasional. Keseriusan Paser meningkatkan budaya literasi dan membangun infrastruktur perpustakaan, mendapatkan ganjaran apresiasi anggaran dari pemerintah pusat. 

"Alhamdulillah kita sudah dapat dana alokasi khusus (DAK) dua kali, bangunan tahun lalu dan mobil Pusling. Nah tahun 2025 rencananya kita dapat lagi untuk non-fisik," jelas Yusuf. 


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perpusnas E. Aminudin Azis menyatakan bahwa salah satu misi utama Perpusnas adalah menyelenggarakan program peningkatan budaya membaca dan kemampuan literasi masyarakat.

Sejak tahun 2015, program ini telah menjadi gerakan nasional guna menyongsong Indonesia Emas 2045. Namun, hasil pembangunan literasi masih sering dipertanyakan mengingat masih ditemukan fakta yang menunjukkan tentang rendahnya tingkat kegemaran membaca para siswa dan masyarakat umum.

"Kami meyakini bahwa rendahnya tingkat kegemaran membaca dan kemampuan literasi disebabkan kurang tersedianya buku bacaan yang sesuai dengan minat pembaca. Padahal, data menunjukkan bahwa minat baca masyarakat sebenarnya cukup tinggi. Oleh karena itu, Perpusnas berikhtiar menyediakan buku-buku bacaan yang lebih sesuai dengan minat baca dan harapan para calon pembaca," ungkapnya. 

Upaya ini dilakukan melalui koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Bapenas, Kemendagri, Kemendikbudristek, dan Kemendes PDTT dengan koordinasi dari Kemenko PMK.