Berita:Lanjutan Pembangunan Jalan dari Desa Random sampai Desa Tanjung Aru Siap Dikerjakan 2024

Siaran Pers

BOGOR - Bupati Paser dr Fahmi Fadli menandatangani  Naskah Adendum Perjanjian Kerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur di Ruang Rapat Savana Kantor Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi, Jalan Ir. H. Juanda No.16, Paledang, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).


Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari surat persetujuan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tentang permohonan kerja sama pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan.

Bupati Paser dr Fahmi Fadli menjelaskan, untuk melakukan peningkatan badan jalan di kawasan cagar alam (CA), perlu adanya kerjasama dengan BKSDA Kaltim, sebagaimana yang sudah dilakukan Pemkab Paser pada Mei 2023 lalu. 

Melakukan kerjasama untuk mengatasi terisolirnya warga Desa Harapan Baru, yang terkepung diwilayah CA Teluk Adang, Kecamatan Tanah Grogot. Untuk peningkatan badan jalan penghubung antara Desa Padang Pengrapat-Muara Pasir dan Desa Muara Pasir-Desa Harapan Baru.


Perjanjian kerjasama itu, mengalami perubahan karena adanya penambahan pembangunan peningkatan badan jalan dari Desa Random, Dusun Ipi, sampai Desa Tanjung Aru, Kecamatan Tanjung Harapan yang masih masuk dalam kawasan CA Teluk Apar.

Karena adanya perubahan naskah perjanjian itu, Pemkab Paser kembali melakukan penandatanganan naskah adendum perjanjian kerjasama dengan BKSDA Kaltim. "InsyaAllah tahun 2024 ini, mereka sudah bisa merasakan peningkatan jalan darat dengan konstruksi LPB sepanjang 11 kilometer lebih. Kami tuntaskan pekerjaan pada tahun ini juga," kata Bupati Fahmi.

Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Paser agar merasakan pemerataan pembangunan. Juga sebagai upaya menuntaskan misi Paser MAS (Maju, Adil, dan Sejahtera). Yakni mengurangi ketimpangan antarwilayah melalui peningkatan aksesibilitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.


"Program Paser Mas sejalan dengan keinginan BKSDA Kaltim untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia yang maju dan sejahtera, serta tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan," jelasnya.

Kepala BKSDA Provinsi Kaltim, M. Ari Wibawanto, S.Hut., M.Sc., sudah beberapa kali datang Paser. Khususnya, sudah melihat pembangungan peningkatan jalan di Desa Harapan Baru. Dengan demikian, Bupati Fahmi mengucapkan terimakasih karena telah menyetujui usulan pembangunan jalan darat di kawasan Cagar Alam.

"Tentunya kami komitmen mematuhi  berbagai persyaratan kegiatan di kawasan tersebut. Kami tidak hanya pembangunan jalan, tapi juga tetap menjaga kelestarian lingkungan flora dan fauna di sekitar kawasan CA," jelasnya.


Pada kegiatan ini, Bupati Paser dr Fahmi Fadli didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Plt PUTR Paser Usma, Seketaris DLH Rusliya Aswina, Kabag Humas dan Protokol Abdul Kadir Sambolangi, Kepala Bagian Sumber Daya Alam Amri Yuriardi, Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappedalitbang  Rosy Indriyanti, dan Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappedalitbang Fikri.

Selain itu juga dihadiri Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto dan Kasubdit Penguatan Fungsi dan Pembangunan strategis Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE RI Toni Anwar. ( Prokopim).

Video Terkait:


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.3306 detik dengan memori 3.75MB.