Berita:Hadiri Rakor Forkopimda , Bupati Siap Tindaklanjuti Arahan Pj. Gubernur Kaltim

Siaran Pers

BALIKPAPAN - Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Kalimantan Timur (Kaltim) yang diselenggarakan oleh Gubernur Kaltim, di Ballroom Novotel Balikpapan, Selasa (6/2/2024).


Rakor ini dilaksanakan guna mendukung kesiapan daerah dalam mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dimana, pada rakor ini membahas tentang peran Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu termasuk Pilkada nantinya di Provinsi Kaltim.

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengungkapkan, tentunya dalam mensukseskan Pemilu 2024, setiap lapisan jajaran, baik Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kabupaten/Kota hingga setingkat Kecamatan perlu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinergi.

"Itu salah satu kunci suksesnya Pemilu 2024. Sehingga tanggungjawabnya bukan hanya penyelenggara saja seperti KPU dan Bawaslu melainkan semua pihak," kata Akmal dalam sambutannya.


Selain mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, rakor ini juga dilangsungkan agar semua pihak mengetahui informasi terhadap kondisi politik terkini di Provinsi Kaltim. Mengingat, Kaltim masuk dalam daftar 5 besar Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi Indonesia.

"Itu berdasarkan survey yang dilakukan oleh Bawaslu RI mencapai 77,04," lanjutnya.

Dengan begitu, semua jajaran diminta untuk mengantisipasi terjadinya tantangan, hambatan dan ancaman yang mengganggu stabilitas keamanan yang berdampak pada timbulnya konflik sosial di setiap daerah.

Meski jajaran TNI-Polri sudah melangsungkan keamanan yang baik, namun komitmen Pemerintah hingga ditingkat Kecamatan, perlu turut terlibat dalam menjaga keberlangsungan konstelasi politik di wilayahnya masing-masing.


Menanggapi hal itu, Bupati Paser Fahmi Fadli mengatakan, telah siap menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Kaltim sebagai langkah konkret pelaksanaannya di Kabupaten Paser dengan melibatkan semua unsur untuk terlibat dalam penerapan pengamanan.


Ia juga sudah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 untuk Kepolisian Resort (Polres) Paser sebesar Rp 6,7 miliar dan untuk Komando Distrik Militer (Kodim) 0904/PSR senilai Rp 1,8 miliar yang akan disalurkan pada 2024 ini atau saat pelaksanaan. 

Disisi lain, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten paser serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) juga telah disiapkan, termasuk penguatan kewaspadaan dini melalui forum-forum yang ada serta Pendidikan politik yang jadi tanggungjawab Partai Politik (Parpol).

“Jadi untuk Kabupaten Paser telah siap melaksanakan pengamanan pemilu. Semua pihak kita libatkan. Ini tentunya Upaya kami untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan konflik,”kata Bupati Fahmi.

Dengan segala persiapan itu, Fahmi turut berharap agar dengan kesiagaan yang ada, kerawanan konflik sosial akibat perpolitikan dapat tercegah khususnya di Kabupaten Paser. “Kami berharap semoga hal itu tidak terjadi di Paser,” harapnya.


Acara ini turut dihadiri Sekda Paser, Katsul Wijaya, Ketua DPRD Kabupaten Paser, Hendra Wahyudi, Kapolres Paser, AKBP Yusep Dwi Prastiya, Dandim 0904/PSR, Letkol Inf. Ary Susetyo, Kasi Intelijen Kejari Paser, Hendi Sanitrya Imran.

Selain itu Kepala DKISP Kabupaten Paser, Ina Rosana, Kepala Disdukcapil Kabupaten Paser, Isnaini Yanuardi, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Paser, Nonding, Satpol PP Kabupaten Paser dan Camat se Kabupaten Paser. (Prokopim) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.0805 detik dengan memori 4.35MB.