Berita:Hadiri Acara K3P, Wabup Masitah : Saya Harap Kegiatan ini Berkesinambungan Agar Kerukunan Keluarga Paser Semakin Erat

Siaran Pers

TANA PASER - Benuo atau biasa dikenal Kecamatan Pasir Belengkong hari ini Ahad (20/11/2022) dipenuhi  oleh kerabat kerukunan Kesultanan Paser dari berbagai penjuru baik dari Kabupaten Paser dan Luar Kabupaten Paser.

Acara Silaturahmi Akbar Kerukunan Keluarga Besar Kesultanan Paser telah ini telah sukses dilaksanakan  yang bertajuk tema "Yo Oro semakin dempet, Yo dempet tambah dempet" yg diartikan dalam bahasa Indonesia " Yang Jauh semakin dekat, yang dekat tambah dekat" 

Silaturahmi Akbar ini  dipusatan  di halaman Kediaman Sultan Paser yang bernama Aji Tenggara yang menjadi Istana Kesultanan Ibrahim Khaliluddin, yang  disebut "Kuta Imam Duyu Kina Lenja" atau yg dikenal sekarang Sebagai Keraton Museum Sadurengas di Jl. Keraton Kecamatan Pasir Belengkong.

Dari pantauan di lokasi Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf hadir di acara kegiatan tersebut dan nampak dalam satu panggung didampingi Inisiator Kegiatan Silaturahmi Akbar Aji Norhanuddin, Ketua K3P Aji Burhan AI, Anggota DPRD Kaltim Andi Faisal Assegaf, Hatta Garit mantan Wabup Kab Paser, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Forkopimda dan Forkopimcam serta perwakilan OPD terkait,  tokoh Agama dan tokoh masyarakat dan beberapa unsur tokoh Juriat Kesultanan Paser.

Dalam sambutan Ketua K3P dasar kegiatan ini adalah untuk melakukan silaturahmi kepada para tokoh  Keluarga Besar Kerukunan Paser dan memberikan informasi bahwa eksistensi Keluarga Besar Kerukunan Kesultanan Paser itu masih ada sampai sekarang.

 "Saya terharu, tersanjung dan gembira sekali karena semua kerabat kesultanan dari dalam dan luar Kabupaten hadir di acara ini walaupun masih belum setengahnya yang hadir, dan saya berharap acara ini akan kita adakan setiap tahunnya dan besar harapan kami Pemerintah kabupaten bisa berkontribusi agar kegiatan ini dibantu dan dijadikan salah satu rentetan kegiatan acara besar Kabupaten Paser karena Kesultanan Paser ini mempunyai andil besar sejarah di Paser ini" tambah Aji Burhan kelaku ketua K3P 

Ketua K3P juga mengajak agar Keluarga Besar Kerukunan Keluarga Kesultanan Paser  bisa berdampingan dan bersinergi bersama Pemerintah untuk berperan memajukan perkembangan zaman dan pembangunan baik di pelosok sampai di kota apalagi ke depan menghadapi perubahan IKN nantinya.

Sementara itu Wabup Masitah dalam sambutannya mengatakan Bupati dan Wakil Bupati selaku Pemerintah Kabupaten Paser dan sebagai Pembina K3P memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat berkontribusi mewujudkan pertemuan silaturahmi akbar K3P ini.

"Saya berharap kegiatan ini terus berkesinambungan sehingga Keluarga Besar Kerukunan Keluarga Paser bisa semakin erat, semakin besar dan keberadaannya sebagai situs sejarah yg dapat di perhitungkan karena dengan di adakan acara ini menyatukan anak dan cucu keturunan kesultanan paser dari berbagai rumpun keturunan juriat tetap bersatu dan tidak bercerai berai", ungkap Wabup.

Dalam sambutannya Wabup Masitah berpesan agar K3P ini terus melakukan kegiatan aktif yang positif terutama untuk menjaga keutuhan kesultanan, adat  istiadat dan budaya sehingga bisa menjadi mitra Pemerintah  dan dalam mendukung keberadaaa IKN yang lokasinya hampir seluruhnya masuk dalam wilayah geografis Kesultanan Paser. 

Wabup Masitah juga berharap agar Organisasi K3P ini menjadi organisasi panutan masyarakat serta memberikan pembinaan rutin kepada elemen yang tergabung di dalamnya sehingga bisa seiring  dan sejalan dengan Pemerintah dalam mewujudkan Paser Mas (Maju, Adil dan Sejahtera). (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1685 detik dengan memori 0.95MB.