Berita:Akselerasi Transformasi Digital Menuju Paser Smart City

Siaran Pers

BALIKPAPAN - Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan di Kabupaten Paser Dinas Komunikasi,Informatika dan Persandian Kabupaten Paser menggelar Rapat Dewan Smart City - Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE ) dengan mengusung tema "Sinergi Pengelolaan TIK Dalam Upaya Akselerasi Transformasi Digital Menuju Paser Smart City". Acara yang dilaksanakan di Swiss- Bellhotel Balikpapan, Rabu (8/6/2024).


Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Paser melalui  Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Drs.Katsul Wijaya M.Si,yang juga di dampingi Kepala Dinas Komunikasi,Informatika,Statistik dan Persandian Kabupaten Paser, Drs.H.Arief Rahman.,M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Kadis Kominfo Kaltim, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan  Pemkab Paser, para narasumber,Sekwan Paser, Kasad Lantas Polres Paser ,Para Camat,Manager PLN Rayon Tanah Grogot,Manager Telkomsel Balikpapan,Manager PT.Icon Plus,Tim Pelaksana Paser Smart City serta peserta sosialisasi.



Dalam sambutan Kepala Dinas Kominfostaper yang juga sebagai Ketua Panitia Penyelenggara, Drs.H.Arief Rahman,M.Si menyampaikan laporannya  pelaksanaan Ini berdasarkan Peraturan Bupati Paser nomor 20 tahun 2020 tentang penyelenggaraan tentang sistem pemerintah berbasis elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser dengan jumlah peserta yang mengikuti kurang lebih 100 peserta.

Arief juga menambahkan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk dapat memberikan pemahaman kepada seluruh perangkat daerah di Kabupaten Paser tentang SPBE serta memiliki beberapa tujuan memperoleh pemahaman tentang Paser,serta tantangan dan harapan di masa depan untuk memperoleh pemahaman tentang peranan sistem Pemerintahan berbasis elektronik dalam mendukung terwujudnya kota cerdas di Kabupaten Paser.

Sementara itu Sekretaris Daerah,Drs.Katsul Wijaya.,M.Si dalam kesempatan  tersebut membacakan sambutan Bupati Paser sekaligus membuka Rapat Dewan Smart City dengan Sosialisasi Pemerintahan Berbasis Elektronik.

"Pemerintah Kabupaten Paser memberi keberhasilan dalam implementasi Smart City sangat berkaitan erat dengan pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik di daerah tidak bahwa penggunaan TIK mampu menjadi pendukung dalam kegiatan pemerintahan baik dalam  administrasi pemerintahan maupun pelayanan publik yang diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam layanan pemerintahan," kata Sekda.


Dengan demikian diharapkan mampu mewujudkan visi SPBE yaitu terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

"Hal ini sejalan dengan visi Smart City Kabupaten Paser yaitu menuju Kabupaten Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera",tambahnya. "Kami berharap semua OPD setelah mengikuti kegiatan ini dapat mendukung pelaksanaan SPBE di Kabupaten Paser,agar dapat memberi pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan tepat serta memberi manfaat kepada kita semua", terang Sekda.

Sekda juga mengungkapkan terimakasih kepada Kadis Kominfo Provinsi Kaltim,H.M.Faisal.,S.Sos.,M.Si dan Narasumber,Tony Dwi Susanto.,Ph.D.,ITIL,COBIT,TOGAF atas kesediaan dan kehadirannya pada hari ini.( Prokopim )

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.0334 detik dengan memori 2.98MB.