Berita:Wujudkan Pemerintahan Berbasis Elektronik, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Bimtek Srikandi

Siaran Pers

Balikpapan - Bimbingan Teknis Sistem Informasi Dinamis dan Terintegrasi (Srikandi) yang diikuti seluruh perangkat daerah dan kecamatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser tahun 2023 yang diikuti 59 peserta yang dilaksanakan selama 4 hari bertempat Swiss-Belinn Hotel Balikpapan..

Kegiatan ini yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser yang dibuka oleh Bupati Paser yang diwakili Asisten Pemkes, Ir H Romif Erwinadi Msi, Kamis (8/6). Dalam sambutan tertulis Bupati Paser yang dibacakan Romif saat membuka Bimtek, menyebut bahwa hadirnya aplikasi Srikandi ini tidak hanya memudahkan dalam pencarian dokumen saja, namun juga dapat memudahkan pembuatan penandatanganan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah yang terintegrasi dari tingkat daerah hingga ke tingkat pusat.

Romif juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para Nara sumber dan pihak perangkat daerah yang terkait. “Saya minta seluruh peserta yang mengikuti bimtek ini dengan serius dan sungguh - sungguh, apalagi Anda semua berhadapan langsung dengan Nara sumber yang memang sudah ahli dalam dunia kearsipan, sesuai dengan misi keempat Paser Mas yaitu " Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing".

"Bimtek ini harus memberikan feedback positif untuk kabupaten paser,tidak ada lagi alasan aplikasi Srikandi ini  terkendala dalam hal SDM di OPD masing - masing karena bimtek Srikandi sudah dilaksanakan dari tahun 2022,yang artinya bimtek saat ini pemantapan penggunaan aplikasi srikandi " ungkap Romif.

Hadir selaku Nara sumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ) Dra Prihatni Wuryatmini MHum dan Pinandita Syafrisman SSos, dalam sambutan Prihatni menyampaikan terselenggaranya bimtek Srikandi ini merupakan percepatan implemintasi  peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). ANRI turut berbangga hati Kabupaten Paser sudah memiliki akun live, apalagi kabupaten Paser penyangga IKN yang artinya sudah siap untuk  menerapkan aplikasi ini.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan HM Yusuf Sumako SH M.Hum. melaporkan, Alhamdulillah kabupaten Paser dalam 2 tahun terakhir  (2021 - 2022) mendapatkan panji dari provinsi Kalimantan timur dalam hal tata kelola kearsipan dan juga pengawasan kearsipan dan baru - baru juga sudah di audit untuk penilaian ditingkat pusat,semoga saja hasilnya mendapat panji ditingkat nasional dan harapanya kabupaten Paser agar bisa menerapkan aplikasi Srikandi.

Turut hadir dalam bimtek tersebut Kepala Bidang Mutasi Liswandi dan Seketaris Dinas Kominfo Bambang Abdul Haliq, perwakilan Bappedalitbang. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.5433 detik dengan memori 0.69MB.