Berita:Wabup Masitah Dukung Pers Merdeka, Demokrasi dan Bermartabat

Siaran Pers

Deli Serdang- Rentetan seluruh kegiatan Hari Pers Nasional Sumatra Utara 2023 memasuki acara Puncak pada hari ini yang digelar di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut, Jalan Williem Iskandar, Deli Serdang, Kamis (9/2/2023) pagi dengan mengusung tema “Pers Merdeka, Demokrasi dan Bermartabat”.

Dalam Acara itu digadiri oleh orang Nomor 1 Republik Indoesia Joko Widodo, para mentri,Para Dubes Sahabat, Para Gubernur, Walikota, Bupati dan Wakil Bupati se Indonesia membersamai Ketua PWI se Indonesia, Dewan Pers, dan Pers Awak Media TV, Elektonik,Online ,Media cetak lainnya.

Sebagai Undangan Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf juga hadir pada acara tersebut. Kehadiran beliau duduk berdampingan dengan Kadis Kominfo Provinsi Kaltim H. Muhammad Faisal, Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi, serta Ketua PWI Paser Normila Sari Wahyuni.

Masitah pun mengucapkan selamat hari Pers Nasional tahun 2023 yang bertepatan dengan HUT PWI. "Harapannya, semoga insan Pers Nasional, khususnya pers di Kabupaten Paser dapat menjalankan tugas nya secara profesional, bertanggung jawab dan bermartabat", harapnya.

Ia pun menambahkan agar insan pers selalu mampu menyajikan infomasi yang terpercaya, berkualitas dan dapat mempersatukan serta mencerdaskan masyarakat.

Diharapkan pula insan pers dpt berperan sebagai akselerator perubahan dengan konsisten memberitakan kebenaran dan mampu mengedukasi masyarakat sehingga menjadi wadah informasi bagi seluruh masyarakat dan dapat dipercaya kebenaran beritanya.

Menurut Masitah Insan pers harus selalu bersemangat dalam berkarya, selalu terdepan dan menjadi penjaga garda demokrasi dan corong nurani suara masyarakat.

Wabup juga berpesan di hari pers nasional ini insan pers, khusus yang di Kabupaten Paser bertambah maju, independen, makin berkembang, dan selalu kritis serta terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa khususnya bagi kabupaten Paser, dengan cara memberikan informasi yang mencerahkan dan mencerdaskan masyarakatnya.

Sesuai dengan tema HPN Tahun 2023 yaitu Pers Merdeka, demokrasi dan bermartabat diharapkan pers dapat menikmati kebebasan dalam melaksanakan tugasnya tanpa intervensi yang bisa menganggu kebebasan pers dalam melaksanakan tugasnya memberikan pemberitaan secara sehat, terpercaya dan edukatif.

Di akhir menghadiri Puncak Acara Hari Pers Nasional Sumatra Utara 2023 wabup Masitah kepada Humas Paser menambahkan seperti yg disampaikan ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu “Pers harus bertanggung Jawab sehingga bisa menulis berita-berita yang diyakini kebenarannya dengan cara mengkonfirmasi agar kebebasan pers tidak tercederai,” ujar Wabup Masitah.

Sejalan dengan Sambutan Presiden RI Jokowidodo, Pemberitaan yang bertanggung jawab adalah selalu mengkonfirmasi kebenaran menggunakan prinsip-prinsip dalam kode etik jurnalistik. Apalagi dalam kode etik tersebut dijelaskan bahwa wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk. “Untuk menghadapi dan mengawal Pemilu Pers diharapkan independen dan mengedukasi masyarakat tidak memecah persatuan dan kesatuan khususnya Kabupaten Paser,” pungkas Wabup Masitah.

Untuk diketahui pada malam sebelumnya, Wabup Masitah menghadiri undangan Gala Dinner dalam Rangkaian acara Hari Pers Nasional Sumut 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (8/11). Masitah berdampingan dengan Kadis Kominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal dan Wakil Bupati simalungun H. Zonny Waldi, S.Sos., M.M. dalam satu meja makan.

Sebagai tuan rumah Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sumut Arief S Trinugroho membacakan sambutan Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara mengatakan selamat datang kepada 13 Duta besar yg Hadir dan Undangan Baik dari Ketua PWI se Indonesia, Dewan Pers dan Pejabat Undangan se Indonesia.

Sebelumnya, Arief menyampaikan permohonan maaf oleh Gubernur Sumut tidak bisa membersamai di Gala Dinner ini dikarenakan sedang menyambut dan mendampingi RI 1 Jokowi yg telah tiba di Sumut sekira pukul 17.50 WIB 

"Selamat Datang di Provinsi Sumut dan selamat menikmati kota Medan, Kami berharap Bapak/Ibu terkesan dengan penyambutan kami," ucap Arief membacakan sambutan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Pada malam itu, Sekprov menyerahkan penghargaan kepada 13 dubes yang hadir. Sementara Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh pers. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 6.6149 detik dengan memori 0.7MB.