Berita:Tipong Tawar Salah Satu Rangkaian Ritual Melas Taon

Siaran Pers

Tana Paser - Melas Taon kembali digelar setelah sempat vakum masa pandemi covid-19. Tahun 2022 bertautan dengan rangkaian peringatan Hari Jadi ke 63 Kabupaten Paser, kembali digelar di Gentung Temiang Km5 Tana Paser (16/12/22). Masyarakat begitu antusias terlihat dengan ramainya turut menyaksikan seluruh rangkaian ritual Melas Taon.

Salah satu ritualnya adalah Tipong Tawar. Dalam kepercayaan masyarakat Paser,  Tipong Tawar menggunakan media daun Kombat dan Serembolum dan air suci merupakan prosesi adat yang bertujuan  menawarkan  segala yang panas, menolak segala yang mengancam, mendinginkan segala yang mengganggu perasaan, membuang segala yang berbahaya, dan membersihkan diri lahir batin  dari segala perbuatan yang tidak baik sehingga mendapat  perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT, sehingga melindungi sesorang dari berbagai bentuk kejahatan atau gangguan baik  dari pengaruh roh – roh  jahat, jin, iblis maupun dari niat jahat manusia

Tradisi  ini menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam sejumlah prosesi adat istiadat dalam berbagai acara adat masyarakat Paser. (Humas).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.9190 detik dengan memori 0.69MB.