Berita:Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional Melalui Diseminasi Ekonomi Regional 2023

Siaran Pers

BALIKPAPAN - Bank Indonesia  Balikpapan secara konsisten melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai kepentingan di Daerah IkN maupun mitra strategisnya yaitu Balikpapan, Paser dan PPU, dalam rangka pengendalian inflasi, pemberdayaan UMKM, distribusi uang rupiah serta elektronik transaksi juga observasi progres pembangunan IKN.

Untuk itu Bupati Paser melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan ( Ekbang) Adi Maulana, S.Sos, M.Si menghadiri Disiminasi Ekonomi Regional 2023 yang bertemakan " Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional". Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Tjcokro, selasa  malam (5/12/23).


Usai kegiatan saat ditemui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana mengungkapkan mengatakan bahwa dari sektor pertambangan mengalami penurunan tapi tetap optimis pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Paser bisa meningkat, "intinya kita bisa berkolaborasi dengan semua pihak agar lebih meningkat ditahun mendatang", ungkap Adi Maulana.



Perekonomian Kabupaten Paser dari sektor pertambagan dan penggalian, volume produksi yang berpotensi menurun di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu serta dibayangi oleh resiko level harga yang rendah. Sementara itu dari sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, kinerja pertanian perpotensi tumbuh didorong oleh kinerja perkebunan seiring dengan hasil panen yang diperkirakan cukup baik, sedangkan dari sektor industri pengolahan, hasil panen bahan baku yang relatif melimpah berpotensi mendorong volume produksi pada sektor industri pengolahannya.

Pada saat yang sama kepala Kantor BI Balikpapan Bambang Setyo Pambudi menjelaskan pada Tahun 2022 perekonomian Kabupaten Paser bertumbuh positif diangka 1,09% melambat dibandingkan tahun 2021 yang berhasil mencapai 5,3% diperkirakan pada tahun 2023 ini perekonomian di Kabupaten Paser akan mengalami pertumbuhan meski terbatas di tengah kinerja sektor pertambangan yang melambat,"kedepan kita bisa menyakini 2024 kinerja perekonomian di Kabupaten Paser akan kembali menguat.," kata Pambudi.


Selain Asisten Ekbang dan Pimpinan BI hadir juga dalam kegiatan tersebut Walikota Balikpapan, jajaran pejabat PPU, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Paser. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.3934 detik dengan memori 2.67MB.